Jam 17.27 WITA Besok, Matahari Tepat di Atas Ka'bah. Momen yang Tepat Mengecek Arah Kiblat

Press Release yang diterbitkan oleh Kemenag, Jum'at, 13 Juli 2017 kemarin. METROMINI/Dok
KOTA BIMA - Kementrian Agama (Kemenag) RI mengeluarkan maklumat atau pengumuman tentang himbauan pengecekan kembali arah kiblat (arah sholat). Pengumuman ini berkaitan dengan posisi matahari yang tepat di atas Ka'bah.

Dalam kondisi atau fenomena alam ini. Seorang pegewai Kemenag Kota Bima, Amrin Ansari, SH menjelaskan bahwa, di hari Ahad atau Minggu 16 Juli 2017 besok, tepatnya pukul 17.27 WITA, kondisi matahari tepat berada di atas Ka'bah. 

Cara mengetahui arah kiblat. METROMINI/Dok
"Kondisi ini adalah momentum yang tepat untuk memperbaiki arah kiblat semua mesjid atau bagi kaum muslim untuk menyempurnakan ibadah sholatnya," ujarnya.

Kata Amrin, sholat menghadap kiblat adalah wajib hukumnya. Dan tentu pula, sholat dengan mengarah pada kiblat yang benar akan mempengaruhi pada kualitas serta pada sah dan tidaknya ibadah sholat yang dilakukan. 

"Sholat menghadap kiblat yang benar, bukan lagi kewajiban hukumnya. Hal ini tentu akan lebih mempebaiki kualitas ibadah sholat yang kita lakukan," ujar ASN muda itu, Sabtu, 15 Juli 2017 pagi ini.

Kata dia, untuk mengetahui arah kiblat yang pas sesuai arah Ka'bah caranya sangat sederhana. 

"Besok hari Ahad, di jam 17.27 WITA, sediakan sebuah batang yang ditegakkan pada permukaan yang rata. Benda yang ditegakkan dalam kondisi berdiri dan lurus," kata dia.

"Nah, bayangan benda tersebut, merupakan arah kiblat yang benar. Karena saat itu, kondisi matahari tepat berada di atas Ka'bah," tambahnya.

Dia mengaku, pihak Kemenag pun sudah mengeluarkan himbauan dan pengumuman resminya. 

"Kami berharap, semua pengurus mushola dan masjid serta kaum muslim agar melakukan kegiatan yang sama, Ahad sore besok, untuk memperbaiki atau mengecek kembali arah kiblat demi menyempurnakan ibadah sholat kita semua," tutup ASN yang berhasil lolos ujian sebagai Petugas Haji tahun ini. (RED) 

Related

Kabar Rakyat 6821568395482546542

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 Ali Al-khairy 

Sekretaris DPD Par tai Gerindra NTB

Mengucapkan

Selamat Hari Guru Nasional



 


Ketua PGRI Kota Bima
Suhardin,M.Si
Mengucapkan 
Selamat Hati Guru Nasional

 

 Taufik H A Karim,SH

Anggota DPRD Kota Bima

Partai PPP





 


 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item