Perancis Investasi Rp6 Triliun untuk Sirkuit MotoGP di Lombok, Mirip Sirkuit di Monaco


Sirkuit di Monaco. GOOGLE/www.orbitindo.com
MATARAM - Pembangunan sirkuit MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah realisasinya nampak semakin jelas. Bahkan designnya pun sudah ada, dengan mengambil konsep jalan raya street circuit.

Diungkapkan Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansoer kawasan wisata itu akan dibuat seperti di Nusa Dua Bali.

“Kita menyebutnya Mandalika Street Circuit, jadi nanti balapannya di jalan itu yang dibuat seperti sirkuit bertaraf internasional,” kata Abdulbar M. Mansoer seperti dilansir dari situs Otomania, Jumat (7/782017) kemarin.

Pembangunan akan dilakukan oleh insinyur desainer dan pengembang ternama yang biasa membangun lintasan balap. Kendati sirkuit hanya dipakai jika ada ajang balapan saja.

“Jadi selain untuk balapan motor lain seperti Super Bike, MotoGP juga bisa digelar di sirkuit itu. Bahkan nanti kita akan bangun Convention Hall, yang bisa digunakan sebagai paddock ketika balapan berlangsung,” jelasnya.

Tidak hanya lintasan jalan raya yang seperti sirkuit Monaco, untuk tempat penonton menyaksikan balapan ini juga dibuat khusus. Berada dipinggir jalan penonton bisa melihat balapan dari atas bukit sehingga memberikan sensasi yang berbeda kepada pecinta balap.

“Bukit itu akan kita bangun, jadi nanti bisa melihat di sekeliling bukit. Intinya segala sesuatunya akan dipikirkan termasuk fasilitas sirkuit lain,” tuturnya.

Pembanguan sirkuit MotoGP Lombok yang nantinya bernama Mandalika Street Circuit sudah dipastikan. Hal ini berdasarkan kerjasama yang terjalin antara Indonesia dengan Prancis. Di mana negara tempat menara Eiffel itu bakal berinvestasi hingga mencapai Rp6 triliun.

Kerjasama terjalin setelah Presiden Joko Widodo menuntaskan perjanjiannya dengan Presiden Perancis, Francois Hollande belum lama ini. Bentuk kerjasama tersebut dilakukan antara BUMN Indonesia (PT. Indonesia Tourism Development Corporation) dan BUMN Perancis. (RED)

_______________________
Berita ini sudah dimuat disitus www.kicknews.today, dengan judul, "Sirkuit MotoGP Lombok akan Menyerupai Street Circuit di Monaco."
Baca Juga:

Related

Olahraga 3097815292193697541

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item