Tiga Jalan Tani di Boro yang Rusak, Anggaran Pemeliharaannya Akan Disiapkan Tahun ini

Syamsudin, Kepala Desa Boro, Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima. METROMINI/Agus Gunawan
KABUPATEN BIMA - Menanggapi kerusakan jalan tani di Desa Boro yang padahal baru dikerjakan di tahun lalu, Kepala Desa Boro Syamsudin menjelaskan bahwa pembangunan jalan tani yang dikeluhkan masyarakat sudah dilaksanakan sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang ada.


Kata dia, pekerjaan tersebut dilaksanakan sesuai dengan aturan dan gambar yang direncanakannya sebelumnya. Dan proyek jalan itu sudah diperiksa oleh Tim Kecamatan. Penyebabnya, kata Kades, karena curah hujan yang tinggi di bulan November 2018 lalu, akhirnya jalan itu menjadi rusak.

"Pekerjaan jalan sudah dilaksanakan sesuai dengan RAB. Dan setelah selesai, sudah diperiksa Tim dari kecamatan. Penilaian tim setelah pekerjaan selesai dinilai bagus. Tapi, alam berbicara lain. Di bulan sebelas tahun lalu, hujan begitu deras sekali dan menghancurkan jalan itu," kilah Kades Boro, usai pertemuan MTQ di kantor Kecamatan Sanggar, Kamis, 10 Januari 2019.

Ia mengaku, terkait kerusakan tersebut, sudah dilaporkan hingga ke BPK RI saat pertemuan di Hotel Mutmainnah di Kota Bima, Diakuinya, sebagai alternatif dengan rusaknya jalan utama tersebut, saat ini sudah ada jalan alternatif yang bisa gunakan untuk petani. 

"Kita sudah ada jalan alternatif untuk kebutuhan petani. Dan untuk memperbaiki jalan yang rusak tersebut, sudah tidak ada anggaran lagi untuk sewa alat berat saat ini," ujarnya.

Selain itu, Kades mengaku, ada dua jalan tani yang sudah rusak saat curah hujan tinggi pada saat itu, Diakuinya, di tahun ini akan dirancang untuk anggaran pemiliharaan pada ketiga jalan tani yang ada di Desa Boro.

"Kerusakan akibat curah hujan yang tinggi lalu bukan satu saja jalan tani yang rusak. Tapi, ada tiga jalan ekonomi yang mengalami kerusakan seperti itu. Insya Allah dalam APBDes 2019, kita akan upayakan anggaran pemeliharaan pada ketiga jalan yang ada di Desa Boro saat ini," tandasnya. (RED)

Related

Kabar Rakyat 2928336701974844039

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item