LP2R Bima NTB Sorot Pengadaan Bibit Oleh Distanbun, Bibit Jagung Betras 1 Tidak Sesuai Harapan Petani

Ketua LP2R Bima NTB Basrin.METEROmini/Dok

KOTA BIMA - Ketua Umum LSM LP2R BIMA NTB menyoroti bantuan Bibit Jagung merek Betrat 1 yang di salurkan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kota Bima.  Pasalnya Bibit yang salurkan melalui CV Anamar Wahana Simarasa sebanyak 97,5 ton untuk Kelompok Tani di nilai tidak cocok untuk tanam di Daerah Kota Bima.

Menurut Ketua LP2R BIMA NTB, bantuan Bibit jagung merek Betrat 1 disalurkan oleh Dinas Pertanian Kota Bima tidak cocok untuk Petani di Kota Bima,  apalagi penyaluran Bibit itu hanya untuk uji coba untuk di tanam dilahan Petani.

"Lahan Petani kota bima bukan tempat uji coba untuk bibit Jagung para Pabrik jagung," terang Basrin Kamis,  (25/12/2019).

Bantuan Bibit Jagung merek baru saat ini,  perlu pemerintah perlu memperhatikan Kualitas bibit yang  disalurkan terhadap pertani. Karna,  petani bukan tempat untuk uji coba untuk penanaman Bibit, untuk itu ia mendesak pada pihak pemerintah melalui Dinas terkait agar memperhatikan kualitas Bibit yang disalurkan terhadap petani.

"Petani tidak mau rugi, petani bukan tempat uji coba. Pertanyaan saya kehadiran Bibit merek Bertas 1 ini pernah gak uji coba di Kota Bima maupun kabupaten bima? Dan pihak pemerintah harus memikirkan untungnya Petani. Petani Kota Bima bukan tempat untuk uji cobaan bibit," tegasnya.

Dari hasil keterangan sejulam petani dilapangan,  kata dia, Bibit jagung yang diajukan atau diminta oleh Kelompok beberapa bulan lalu bukan Bibit merek Betras 1. Tapi,  melainkan Bibit yang sudah pernah ditanam Masyarakat tanam selama ini yang sudah pernah di ketahui hasilnya.

"Yang diajukan seluruh Kelompok Tani Bibit NK 7328 SUMO, Bisi 18.Tapi, ternyata bibit yang datang Bibit uji coba merek Bibit Bestras. 90 porsen petani di Kelurahan Panggi, Kelurahan Rontu, Kelurahan Oi Fo,o dan Keluhan Nitu tidak menanam bibit itu," terangnya.

Lanjutnya,  seluruh Petani jagung yang ada di Kota Bima tidak pernah mengenal atau menanam Bibit Betras 1 ini,  petani di Bima hanya mengenal Bibit yang sudah pernah mereka tanam dan sudah mendapatkan hasil yang memuaskan.

"Bibit NK 7328 Sumo atau Bisi 18 yang biasa petani Kota Bima tanam selama ini karna hasilnya sangat memuaskan bagi petani jagung," teranganya. (RED)

Related

Pemerintahan 7653914023052968889

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item