Warga Penaraga Masih Kebingungan dan Pertanyakan Bantuan Banjir Sejak Tahun 2016 Silam


 Warga di Kelurahan Penaraga keluhkan bantuan banjir bandang sejak tahun 2016 lalu. METEROmini/Agus Mawardy
KOTA BIMA - Soal bantuan warga korban banjir bandang di tahun 2016 silam masih menyisahkan kebingungan bagi warga di Kelurahan Penaraga, Kecamatan Raba, Kota Bima, tepatnya di RT RW 01. Pasalnya, ada beberapa kepala keluarga yang masih mempertanyakan proyek bantuan banjir ini.


Salah seorang warga setempat, Ibu Suharni menututurkan, rumah yang ditempatinya masih berdinding tarpal sejak tahun 2016 lalu. Namun, hingga sekarang belum ada bantuan yang diterima dari pemerintah. Diakuinya, ada belasan keluarga yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah untuk korban banjir ini.

"Sejak tahun 2016 lalu, saya belum mendapatkan bantuan dari pemerintah. Dan rumah kami masih berdindingkan tarpal seperti saat ini," ucapnya, Rabu, 18 Desember 2019.

Ia mengaku, setelah dirinya melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah, awalnya saat Wali Kota datang ke Penaraga, dijanjikan akan ada bantuan untuk warga yang tinggal di bantaran sungai. Saat itu, Wali Kota menjanjikan semua warga di bantaran sungai akan mendapat rumah relokasi senilai Rp69 juta di Lingkungan Kadole, Kelurahan Oi Foo, Kota Bima.

"Namun, setelah ditanya kembali.  Yang mendapatkan bantuan rumah di Kadole yaitu warga yang memberikan lahan rumahnya sepanjang 5 meter dari pinggir sungai dan penjelasan itu tak sesuai dengan janji Wali Kota kepada kami," terangnya.

Menurutnya, pihaknya tidak keberatan jika memang lahan rumahnya dari pinggir sungai diambil 5 meter oleh pemerintah.  Namun,  harus ada ganti rugi lahan yang harus diterima oleh warga.

"Untuk lahan rumah kami yang diambil dari 5 meter dihitung dari bibir sungai, kami minta ganti rugi berupa uang tunai, bukan rumah relokasi yang ada di Kadole," paparnya.

Kata dia, yang membuat pihaknya bingung, saat pemerintah tidak memberikan kompensasi sama sekali di tengah ingin mengambil lahan rumah warga sepanjang 5 meter dari sungai. Kondisi ini, tegas dia, tidak sesuai dengan janji Wali Kota kala itu.

"Kami ingin uang tunai bukan kompensasi rumah di Kadole jika ingin mengambil 5 meter dari bibir sungai. Biar kami membangun sendiri rumah yang ada setelah diambil oleh pemerintah lahan kami saat ini," tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris RT setempat, Kisman mengaku, bantuan banjir bagi warga di bantaran sungai saat ini tidak sesuai dengan harapan warga sebagaimana janji pemerintah sebelumnya.  Bahkan, pemberian bantuan banyak yang tidak tepat sasaran.  Padahal, banyak warga saat ini yang belum mendapat bantuan sama sekali.

"Rencana pemberian bantuan oleh pemerintah tidak sesuai janjinya di awal. Katanya rumah di Kadole akan diberi tanpa ada ganti rugi pembebasan lahan.  Sekarang sudah lain lagi ceritanya," ujar dia.

Ia berharap, pemerintah bisa memberi ganti rugi uang saja, biar warga yang membangun rumahnya dari sisa lahan jika nantinya pemerintah mengambil lahan mereka 5 meter dari bibir sungai.

Di sisi lainnya, pihak Pemkot Bima terkait dengan bantuan banjir bandang tahun 2016 ini masih dikonfirmasi lanjut atas keluhan warga yang ada.  (RED)

Related

Kabar Rakyat 2675998918016096095

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item