178 Jama'ah Tabligh dari Makasar Tiba di Bima, "Azhari: Seorang Tersuspect Corona"

Kepala Dikes Kota Bima Drs. H. Azhari dan ilustrasi kepulangan jama'ah tabligh di Pelabuhan Bima, Kamis (26/3/2020) malam. METEROmini/Dok
KOTA BIMA - Tim Gugus Tugas Pencegahan Corona Virus Kota Bima bersama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pelabuhan Bima tengah mempersiapkan penjemputan ratusan jamaah tabligh yang datang dari Makassar dengan KM Binaiyah, Kamis (26/3/2020) malam. 

Kepala Dikes Kota Bima Drs. H Azhari mengungkapkan, ada 604 seluruh penumpang yang ada di dalam kapal yang tiba di Pelabuhan Bima sekitar pukul 23:30 WITA malam ini. Sementara penumpang dari Jemaah Tabligh ada sebanyak 178 orang. Jumlah itu terbagi pada 4 daerah, masing-masing dari Kota Bima, Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu dan Sumbawa.

“Di dalam kapal tersebut ada seorang penumpang yang tersuspect Virus Corona. Ada juga satu orang yang demam keadaannya karena penyakit malaria. Jumlah ini terkonfirmasi atas laporan dari KKP Labuhan Bajo dan KKP Pelabuhan Bima. Karena tadi kapal tersebut mampir di Labuan Bajo dan dilakukan pemeriksaan,” ungkap Azhari yang juga Wakil Ketua Gugus Tugas, malam ini.

Ia menyebutkan, seorang yang suspect virus Corona merupakan warga asal Kabupaten Dompu. Saat ini sudah diisolasi di ruangan khusus di dalam kapal. Sementara seorang lain yang malaria, warga Kabupaten Bima dan masih tidur di dek kapal.

“Perawatan seorang yang tersuspect atau yang dicurigai dilihat dari gejala dan keluhannya seperti terjangkit virus Corona ini, saat tiba di pelabuhan, akan segera dilarikan ke RSUD Bima untuk diisolasi,” katanya.

Dijelaskannya, untuk pemeriksaan penumpang di atas kapal, nanti ada 3 orang dokter dan 8 petugas yang akan menjalankan tugas pemeriksaan. Kemudian para penumpang diturunkan melalui dua pintu yang sudah ditetapkan.

“Untuk penumpang yang tidak terpapar akan dipulangkan ke rumah masing-masing dan melakukan isolasi mandiri,” pungkasnya. (RED)

Related

Kabar Rakyat 6950024627528797411

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item