Antisipasi Penyebaran Wabah Corona, Pemkab Bima Bentuk Gugus Tugas

Antisipasi penyebaran wabah corona, Pemkab Bima rapat bentuk Gugus Tugas, Senin, 23 Maret 2020. METEROmini/Dok
KABUPATEN BIMA - Mengantisipasi meluasnya wabah penyakit Corona Virus Desease (COVID-19) di seluruh wilayah kecamatan, Pemerintah Kabupaten Bima mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pembentukan Gugus Tugas Bencana Non Alam Covid 19 Tingkat Kabupaten Bima di Ruang Rapat Kantor Bupati Bima,  Senin (23/3/2020).

Pada Rakor yang diikuti TNI/Polri, Instansi vertikal, kepala perangkat daerah, para camat dan organisasi profesi terkait tersebut     Sekretaris Daerah Drs. H.M Taufik HAK, M.Si yang memimpin rapat mengemukakan bahwa Berdasarkan hasil pengamatan virus karena telah berdampak pada aspek bidang kehidupan sosial masyarakat.

"Meskipun Bima bukan saat ini masih negatif Virus COVID-19, dengan melihat adanya peningkatan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang sudah menyebar ke sepuluh kecamatan,  penyebaran wabah penyakit ini tidak boleh dianggap main-main". Karena itu semua pihak terkait  harus secara sungguh-sungguh  mengatasinya," tegas Sekda.

Agar pelaksanaan Gugus Tugas yang dibentuk ini berjalan efektif, maka  koordinasi memegang peranan penting di dalamnya. 

"Langkah-langkah pengetatan pengawasan pada titik masuk baik Bandar Udara, Terminal, Pelabuhan laut dan penyeberangan oleh unit kerja terkait harus segera dilakukan. Camat Sape, pihak ASDP, Bandar Udara Penyeberangan dan Kadis Perhubungan berkordinasi aktif melakukan pemeriksaan secara ketat penumpang darat, laut dan udara," terang Sekda yang didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima Aris Munandar ST., MT.

Dalam rapat ini, sambung Sekda, menghasilkan sejumlah point yang mulai dijabarkan tanggal 24 Maret 2020 antara lain kegiatan sosialisasi dan penyuluhan tentang COVID dilaksanakan oleh seluruh Puskesmas. Penyemprotan disinfektan pada wilayah kecamatan dan yang dititikberatkan pada area publik seperti pasar dan terminal.

"Pembentukan  Call Center untuk menangani lalulintas informasi dan koordinsi lintas sektoral di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa  di bawah koordinasi Dinas Kominfostik dan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda," tandanya. (RED | ADV)

Related

Pemerintahan 6879955284604772562

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item