Rakyat Ngali Gelar Pawai Akbar Peringati Perang Ngali Tahun 1908

Pawai akbar peringati momentum perang ngali tahun 1908 di Desa Ngali, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima, Minggu, 1 Maret 2020. METEROmini/Dok
KABUPATEN BIMA - Seluruh rakyat di Desa Ngali tumpah ruah saat menggelar kegiatan pawai akbar dalam rangka memperingati perang ngali yang ke 112 tahun. Kegiatan ini bertema "Napak Tilas Sejarah Ngali 1908-1909 untuk Bima dan NKRI. Kegiatan ini diprakarsai oleh pemuda pencinta sejarah kegiatan yang diselenggarakan pada Minggu, 01 Februari 2020.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Ngali, BPD ngali, seluruh kepala sekolah dan guru se Desa Ngali. Hadir pula tokoh agama, Babinsa, Babinkamtibmas, Pemuda Panca Marga dan seluruh elemen rakyat di Desa Ngali. 

Kegiatan dimulai pada pukul 08:00 WITA itu dilepas langsung oleh Kades Ngali. Dalam sambutannya, Kades Ngali, ikhwan, S.Pd mengapresiasi kegiatan ini dan mengajak seluruh rakyat ngali untuk terus mencintai dan melestarikan sejarah yang diperjuangkan oleh para pejuang ngali.

"Dengan adanya kegiatan ini rakyat ngali bisa belajar dan memaknai sebuah perjuangan," ujar Kades. 

Sementara itu, selaku tokoh pendidikan di Ngali, Imran, S.Pdi mengajak seluruh siswa maupun rakyat ngali agar menjadikan kegiatan ini sebagai refleksi sejarah untuk selalu diingat oleh para generasi muda. 

Dalam kegiatan napak tilas ini dimeriahkan pula oleh drum band siswa-siswi MTs Negeri 5 Bima. Rute kegiatannya, dimulai dari SMP 1 Belo berlanjut menyambangi situs sejarah mesjid besar syuhada desa ngali sebagai yang dilanjutkan ke makam rade bari (makam kolonial belanda yang gugur saat peperangan kala itu). 

Kegiatan ini berakhir di monumen ngali dan sekaligus pengguntingan pita oleh Danposramil Belo disertai pemasangan bendera merah putih di lima tiang sebagai simbol kemerdekaan rakyat ngali pada saat itu. (RED)

Related

Kabar Rakyat 5487129777370329445

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item