Demo Pemdes Dena, PPD Minta Pengurus Bumdes Dan Gapoktan Transparan Pengguna Anggaran

 

 Pemuda Peduli Dena (PPD) Saat Aksi di Kantor Desa Dena.METEROmini/Dok

KABUPATEN BIMA - Puluhan Warga yang mengatasnamakan Pemuda Peduli Dena (PPD) Melakukan Aksi di Kantor Desa Dena Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima Senin 26 Oktober 2020. Dalam aksinya, massa mendesak Pemerintah Desa (Pemdes) setempat untuk segera melakukan Audit penggunaan anggaran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang diduga tidak transparansi dalam pengelolaan.

koordinator Lapangan (Korlap) Deni mengatakan,  Pemerintah Desa harus mengontrol penggunaan anggaran Bumdes. Dalam masalah ini juga ia mendesak Kepala Desa agar bersikap tegas dalam pengawasan penggunaan Dana Bumdes. 

"Pemerintah Desa harus bersikap tegas terkait Gapoktan dan Bumdes. masalah kepenggurusan yang dipegang mereka oleh satu orang ini sangat miris," katanya saat menyampaikan orasi Senin (26/10/2020).

Massa aksi lain mengatakan,  Keberadaan Gapoktan dan Bumdes tersebut tidak bisa memberikan solusi untuk Petani yang ada di Desa setempat.

"Gapoktan dan Bumdes tidak mampu memberikan kesejahteraan untuk petani di Desa. Harusnya keberadaan Gapoktan dan Bumdes menberikan solusi seperti pencairan KUR baru baru ini," sorotnya. 

Fan menjelaskan, sebelum pihaknya sudah melalukan koordinasi dengan Pemerintah Desa untuk memanggil pengurus 

Gapoktan beserta Bumdes untuk melakukan audiensi di Kantor Desa untuk menjelaskan pengelolaan anggaran tersebut

"Kami sudah meminta Pemdes agar memanggil pihak Gapoktan dan Bumdes untuk menjelaskan penggunaan anggarannya, agar tidak ada asumsi masyarakat, bahwa Pemdes berselingkuh dengan Gapoktan," katanya. 

Menanggapi tuntutan massa aksi,  Kepala Desa Abdul Haris, akan melakukan pemanggilan terhadap pengurus Bumdes dan Gapoktan di Kantor Desa untuk dimintai keterangan terkait apa yang menjadi sorotan warga saat ini.

"Kami akan memanggil pengurus Gapoktan dan Bumdes dengan secepatnya agar mengklarifikasi apa yang menjadi tuntutan Masyarakat," pungkasnya. (RED)

Related

Kabar Rakyat 7721980602244160689

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item