Menciptakan Pola Asuh Demokratis Pada Anak di Masa Pandemi

 

Diya' Alfina, mahasiswi PIAUD di UIN Mataram. METEROmini/Dok 

Oleh: Diya' Alfina 

OPINI - Masa pandemi merupakan suatu masa dimana tidak ada satupun yang menginginkan adanya masa ini, namun karena sudah menjadik kehendak yang kuasa mau tidak mau harus diterima dan memulai untuk penyesuaian hidup disetiap keadaan. Banyak sekali efek kurang baik dari datangnya wabah pandemia ini baik dari segi ekonomi,sosial dan lainnya khususnya dalam segi pendidikan.

Berbicara mengenai pendidikan pada masa pandemi sangatlh strategi dimana sekolah banyak ditutup artinya belajar dirumah atau belajar mandiri, sehingga peran pendidik atau guru akan lebih bayak diambil alih oleh orang tua dari peserta didik itu sendiri. Mendidik anak dirumah bukanlah hal yang sangat mudah terlebih lagi bagi orang tua yang tidak dekat hubungannya dengan anak, sehingga dibutuhkan pola asuh yang bisa memuat anak dengan orang tua bisaa beerkomunikasi dengan baik yakni salah satunya menciptakan pola asuh yang dmokratis pada anak.

Pola asuh demokratis merupakan bentuk pola asuh yang menghargai kebebasan anak namun dengan bimbingan yang saling pengertian antara orang tua dengan anak. Menurut seorang Psikolog Tika Bisono, orang tua perlu memahami dan mengenal dunia anak mereka untuk mengembangkan pola asuh yang demokratis.

"Nantinya pola asuh yang lebih demokratis menyebabkan tidak ada pemaksaan anatara orang tua dengan anak," ujar Psikolog Tika Bisono, Sabtu (27/4/2013) di Jakarta.

Dengan diterpkannya pola asuh demokratis ini dimasa pandemi selain agar anak bisa lebih dekat hubungannya dengan orang tua, anakpun bisa bebas namun bisa bertanggungjawab. Dengan pola asuh demokratis ini juga orang tua bisa memperhatikan ekspresi dan mood anak kapan berubah, karena dengan mood bisa membuat komunikasi orang tua dan anak terjalin lebih efektif.  ***

*) Penulis adalah mahasiswi PIAUD di UIN Mataram

 

Related

Pendidikan 8403482925924391243

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item