8 Jenis Bibit Bantuan Dari Pemerintah Untuk Poktan Sudah Melewati Uji Laboratorium

Kasi Pembibitan Tanaman Pangan, Chairul Munir.METEROmini/Ibrahim

KABUPATEN BIMA -  Beredar isu terkait ada sejumlah bibit jagung kadaluarsa yang dibagikan pemerintah melalui dinas pertanian seperti yang dikeluhkan oleh beberapa Kelompok Tani (Poktan) dibeberapa desa di Kabupaten Bima dibantah oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Bima.

Kepala Distanbun Kabupaten Bima melalui Kabid Tanaman Pangan, Chairul Munir mengatakan, bibit yang disalurkan oleh pemerintah Pusat melalui Dinas saat ini sudah melalui uji laboratorium.

"Kita pastikan bahwa bibit jagung yang diberikan pemerintah tahun 2021 ini tidak ada yang kadaluarsa semua sudah melewati uji baik di pusat maupun di BPSP kabupaten Bima dan masa kadaluarsanya sampai Januari 2022," Katanya Jum'at (3/9/2021).

Chairul mengakui, pada pengajuan kebutuhan bibit untuk petani di Kabupaten Bima saat itu,  pihaknya mengusulkan 9 jenis bibit. Namun  yang lolos hanya 8 jenis bibit.

"Sebelumnya kami telah mengusul 9 jenis bibit jagung, tapi yang tidak lolos hanya Bisi 18. Yang lolos dan telah mulai di edarkan pada petani yaitu, NK 212, Biosit 89, pioner 35, HZ 21, NASA 29, Twin RK 457, Petra 1, Pertiwi 3," akunya.

Ia menambahkan, dalam hal ini pihaknya dan perusahaan pemenang tender menyalurkan bibit  sesuai data Poktan penerima bantuan, 

"Nama PT yang menangkan tender  yaitu PT.Golden Indonesia Seed," terangnya. (RED)

Related

Kabar Rakyat 3990480255043621208

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item