Hutan Bersejarah di Gunung Londa Mulai Ada Kegiatan Pembalakan Liar dan Dibakar

 

Kondisi Hutan di Gunung Londa saat ini.METEROmini/Dok

KOTA BIMA - Pembakaran hutan di wilayah Kota Bima maupun Kabupaten Bima akhir-akhir ini mulai di sorot warga. Belum lama ini dunia maya digegerkan dengan adanya kegiatan pembakaran hutan di Kawasan Gunung Londa yang terletak di Kelurahan Sambinae Kota Bima dan sekitarnya,Minggu (3/10/21)

Aktifitas pembakaran hutan tersebut tentu meresahkan warga yang ada disekitar lokasi. Pembalakan liar diduga dilakukan oleh para oknum untuk lahan tanam jagung. Kawasan gunung Londa penuh legenda dengan keangkerannya itu pun tak luput dari perusakan.

Seperti video pembakaran kawasan pegunungan Londa dibagikan akun Facebook, Ruslan M Saleh Fkpn, dalam video diperkirakan berlokasi pegunungan Londa, tepatnya dibelakang garasi Bus Langsung Indah.

Screenshoot Postingan Akun Facebook Ruslan M Saleh Fkpn

Dalam tulisannya yang dibagikan melalui Akun Facebook pribadinya menyatakan, hutan di kawasan gunung londa saat ini sudah dibabat oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab  untuk kepentingan pribadi.

"Telah terjadi pembakaran oleh oknum, bagaimana Kondisi Gunung Londa dan sekitarnya sekarang cukup menghawatirkan karena telah dibabat dan digundulkan untuk kepentingan segelintir manusia yang tak peduli lingkungan," tulisnya melalui status facebooknya.

Dalam status facebooknya itu juga menuliskan, kerusakan hutan di kawasan  Gunung londa tersebut akan berdampak buruk bagi masyarakat Kota Bima, lebih khususnya warga yang ada disekitar lokasi pembalakan liar itu.

"Kerusakan ini akan membawa dampak negatif bagi masyarakat sekitar dan lainnya, karena jika pada musim hujan nanti kawasan sepanjang kuburan cina sampai di depan Coca-Cola akan terkena banjir bandang," ungkapnya.

Tahun lalu saja tiap musim hujan jalan sepanjang kawasan Ama Hami  hampir lumpuh akibat besarnya aliran air turun dari pegunungan londa.

Dituliskannya juga, entah kenapa para pemangku jabatan sampai hari ini terkesan sengaja membiarkan atau  pura pura buta dengan kondisi seperti ini. Para aktivis lingkungan juga pura pura Diam seolah bukan urusannya.

Video dibagikan beberapa orang tersebut, akun Ncuhi Dara, Aharis Fkpn Asakota, Yhoga S Fkpn bahkan mendapatkan berbagai komentar dari netizen, Seperti komentar dari Akun Dewi Rahma

"Gunung londa sudah pada gundul bang, Siap-siap pada mau di tanam jagung dan sudah di pastikan banjir gunung di seputaran Sambinae tak akan terbendung lagi pas musim hujan," keluhnya.

Akun Ivhan jaya berkomentar "Iya saya lihat semalam, Apa sengaja Di Biarkan Atau bagaimana itu?? " Tanyanya.

Sejumlah netizen pun berharap ada perhatian serius dari pihak terkait, sehingga kerusakan hutan kian masif.

Sementara yang berwenang menjaga kawasan hutan kini telah diambil alih oleh Provinsi NTB, setelah sebelumnya kewenangan ada ditangan Kabupaten dan Kota. (RED)

Related

Kabar Rakyat 6093082386655277589

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item