Aksi Kepedulian DKM Al-Ikhlas dan Pokja KPA Bima Untuk Anak di Bulan Ramadhan

Anak-anak mengikuti pesantren kilat di BNT Kelurahan Santi, Minggu (12/6/2017) kemarin.  FOTO: GOOGLE/www.bimakini.dok
KOTA BIMA - Dewan Kemakmuran Mesjid (DKM) Al-Ikhlas di BTN Kelurahan Santi tetap mengadakan kegiatan yang berhubungan dengan pembinaan anak-anak dan mengeratkan hubungan keakraban warga lingkungan setempat dalam tiap tahunnya. 
Di Ramadhan tahun ini, Pengurus Mushala Al-Ikhlas Lingkungan Santi Asri RT. 05, RW. 03, Kelurahan Santi, Kecamatan Mpunda, Kota Bima menyelenggarakan Pesantren Kilat di mushala setempat, Minggu (11/06/2017) kemarin. 

Kegiatan berlangsung sehari itu diikuti 55 anak tingkat Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, dan Sekolah Menengah Pertama. Pembimbing adalah Ustaz Farhan Bil Islam, SAg dan Ustazah Nurhayati, SPdI dibantu anggota lainnya. Anak-anak terlihat antusias mengikuti pesantren kilat.

Ketua Panitia Pesantren Kilat, Khairil Abdi, ST, menjelaskan sesuai jadwal yang telah disusun rangkaian kegiatan meliputi taaruf (perkenalan), thaharah (bersuci) dan praktik berwudhu, dilanjutkan shalat Dhuha, shalat rawatib Dzuhur dan Dzuhur. Setelah itu tahsin, akidah dan akhlak, permainan, latihan adzan, shalat rawatib Ashar dan Ashar.

"Kami juga membawa anak-anak untuk tadabur alam di Taman Ria, dzikir dan doa sebelum berbuka puasa. Lalu berbuka puasa, shalat Magrib, makan malam. Setelah istirahat dilanjutkan shalat Isya, tarawih, dan penutupan," ujar dia, dilansir dari www.bimkini.com.

“Kegiatan Pesantren Kilat ini untuk menumbuhkembangkan dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan anak, mendalami nilai, dan ajaran agama,” ujarnya menambahkan di lokasi kegiatan, minggu pagi kemarin.

POKJA KPA Bukber dengan Anak
Acara bukber di kantor Pokja LPA di Lingkungan Salama, Kelurahan Nae, Kota Bima, Minggu, 11 Juni 2017. METORMINI/Dok
Sementara itu, Momentum bulan ramadan mi  dimantaatkan Pokja Komnas Perlmndungan Anak (PA) Bima untuk berbagi kebahagiaan dengan anak yatim dengan menggelar buka puasa bersama. 

Kegiatan yang melibatkan puluhan anak yatim asal Kota dan Kabupaten Bima yang digelar di 
Sekretariat Pokja Komnas PA di Lingkungan Salama, Kelurahan Na’e, Kota Bima, Minggu (11/6/2017) kemarin. 

"Kita libatkan ada 30 anak yatim dan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Wafaa’ AlI slamy Bima Desa Godo Kecamatan Woha, Kelurahan Kumbe 10 orang. Kelurahan Rontu 7 orang dan Kelurahan Nae 33 orang," jelas Ketua Pokja Komnas PA Kabupaten Bima, Shalma. 

Kata dia, kegiatan ini diawali dengan siraman rohani yang disampaikan Ustad Wahyudin. baru dilanjutkan buka puasa bersama dan sholat magrib berjamaah di sekretaniat Pokja KPA Bima.

“Mudah-mudahan acara ini bisa meningkatkan kepedulian kita terhadap sesama, khususnya para anak yatim yang tentu sangat membutuhkan perhatian dan kasih sayang dan kita semua,” harapnya. 

“Ayoo kita sama-sama melindungi anak dan pengaruh buruk Iingkungan. Karena mereka adalah generasi bangsa yang menjadi tanggungjawab kita,” ajak dia. (RED | WWW.BIMAKINI.COM 

Related

Pendidikan 7834497101226530002

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item