Beragam Alqur'an Mulai dari yang Kecil, Besar dan yang Berat

Alquran Raksasa di Banyuwangi. (Foto: Antara/Budi Candra Setya)
SERBA-SERBI - Alqur'an sebagai kitab seci dan pedoman hidup ummat muslin di dunia, ternyata keberadaannya di Indonesia ada beragam bentuknya. Di atas adalah Alqur'an rakyasasa yang bisa dijumpai di Banyuwangi, Jawa Timur.

Kecintaan kaum Islam di Indonesia kepada Alquran antara lain diwujudkan dengan pencetakan Alquran dengan ukuran yang luar biasa sebagai sarana dakwah. Ada yang berukuran sangat kecil, raksasa hingga yang beratnya lebih 1 ton. Berikut ini wujudnya, dilansir dari laman berita www.kumparan.com

1. Alquran Mini di Bogor

Al Quran mini bertinta emas (Foto: ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya/aww/17)
Foto di atas boleh dibilang salah satu Alquran terkecil yang dimiliki Indonesia. Alquran ini disimpan di Masjid Jami Daarussalaam, Pasir Jambu, Kabupaten Bogor. Menurut pewaris kitab bertinta emas ini, Alquran tersebut merupakan barang bersejarah peninggalan Pangeran Wijayakusuma, salah satu pahlawan yang berjuang pada zaman kolonial Belanda. 

Alquran itu dimanfaatkan sebagai sarana dakwah penyiaran Islam pada masa itu. Di abad modern ini, dikatakan hanya orang berhati bersih saja yang bisa memegang dan membaca Alquran mini ini. 

2. Alquran Raksasa di Banyuwangi

Alquran Raksasa di Banyuwangi. (Foto: Antara/Budi Candra Setya)
Sedangkan ini adalah Alquran raksasa koleksi Masjid Baiturrahman, Banyuwangi, Jawa Timur. Kitab suci Alquran yang memiliki ukuran halaman 142 x 210 centimeter dengan tulisan tangan tersebut dibaca setiap bulan Ramadan.

3. Replika Alquran Raksasa di Pekalongan

Alquran raksasa (Foto: Antara/Harviyan Perdana Putra)
Sedangkan ini adalah koleksi Masjid Sapuro, Pekalongan, Jawa Tengah. Replika Alquran berukuran panjang 2,4 meter dan lebar 2 meter yang terbuat dari tripleks tersebut merupakan tiruan dari aslinya yang sebelumnya dihibahkan dari seorang komisaris polisi yaitu Moch Aswantary sekitar tahun 1970.

4. Alquran Raksasa di Cilegon

Alquran Raksasa di Cilegon (Foto: Antara/Ritzka Kurnia)
Ini merupakan koleksi Majelis Al-Hikmah Cilegon, Banten. Alquran berukuran 180 X 150 centimeter yang diproduksi tahun 1990 dengan tulisan tangan langsung dari Pimpinan Pondok Pesantren Al-Hikmah KH Basharuddin Aly kini kondisinya mengkhawatirkan serta sudah lapuk.

5. Alquran Terberat di Bogor

Alquran Terbesar di Bogor. (Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya)
Alquran Terbesar di Bogor. (Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya)
Ini adalah Alquran yang terbuat dari lempengan baja stainless milik Pondok Pesantren Al-Ashriyyah Nurul Iman, Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Mushaf Alquran yang dibuat oleh sembilan ulama Jawa dan terdiri dari 30 juz tersebut diklaim sebagai yang terberat di dunia yakni mencapai 1,2 ton. Beragam keberadaan jenis dan bentuk Alqur'an di Indoneisa. (RED | WWW.KUMPARAN.COM)

Related

Breaking News 5065979291208648539

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item