Menteri Susi Dipuji Leonardo DiCaprio di Acara WOD PBB

Leonardo DiCapriodalam videonya ditayangkan di acara World Oceans Day (WOD) 2017 saat menyampaikan pujiannya kepada Menteri Perikanan dan Kelautan RI, Susi Pudjiastuti. GOOGLE/www.detik.com
NEW YORK (USA) - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dalam sikap tegasnya memberantas pencurian ikan yang merusak kondisi perairan laut di indonesia terdengan hingga telinga aktor papan atas Hollywood, Leonardo DiCaprio.  Leonardo mengungkapkan kebanggaannya mengenal sosok menteri wanita itu yang tak segan menenggelamkan pelaku dan kapal pencurian ikan. 

Kalau dalam istilah asing pencurian ikan dikenal dengan istilah Illegal, Unreported, and Unregulated (IUU) Fishing.

Dalam acara World Oceans Day (WOD) 2017 di kantor PBB, New York, yang diadakan Kamis lalu (8/6/2017), Leonardo DiCaprio tidak bisa hadir di tempat kegiatan. Namun videonya ditayangkan di acara itu.

Di menit ke-5, di pidatonya, Leonardo mengungkapkan pentingnya menjaga laut dan ekosistem di dalamnya. 

"Laut ini sebagai pemasok makanan bagi manusia harus dijaga kelestariannya," ujarnya, dilansir dari detik.com

Dan baru di menit keempat, Leonardo menyinggung soal sepak terjang Susi menjaga laut Indonesia.

"Menteri Perikanan Susi melakukan usaha memberantas kegiatan ilegal itu, dan menjadi pemimpin ke era pengelolaan perikanan yang transpara. Beberapa waktu lalu, sekitar 10.000 kapal secara ilegal masuk ke Indonesia dan mengambil ikan di perairan Indonesia. Ini membuat nelayan lokal terkena dampak buruknya," kata Leonardo.

Dalam acara World Oceans Day 2017 dihadiri banyak pembicara kelas dunia yang diundang PBB,seperti Fabien Cousteau (peneliti kelautan), Diego Luna (aktor dan pecinta laut) dan Leonardo DiCaprio (aktor dan UN Messenger for Peace), dan Sir Richard Branson (pengusaha/penjelajah dunia), dan lain-lain.

Sementara itu Leodardo pun memberikan data kapal (Vessel Marine System) di Indonesia agar bisa diakses oleh Global Fishing Watch. 

"Dengan alat itu, kapal-kapal ikan bisa dilacak pergerakannya secara langsung. Global Fishing Watch ini aplikasi yang dikembangkan Google, dan salah satu penyandang dananya adalah yayasan milik saya (Leonardo), dengan tujuan untuk menjaga kelestarian laut," ujar Susi.

"Dan  ketegasan Ibu Susi ini memperlihatkan seorang pemimpin yang berani dan inovatif dan memang ini yang dibutuhkan di seluruh dunia," puji Leonardo duta penyeru kampanye damai PBB.

Menurut Leonardo, dunia harus mengambil tindakan cepat menyelamatkan ekosistem dan spesies di laut.

Sementara, Susi dalam kesempatannya di Konferensi Perikanan PBB (UN Ocean Conference) yang berbarengan dengan World Ocean Day 2017, dia selalu menyerukan perlu tindakan tegas memberantas pencurian ikan atau IUU Fishing. 

"Saya ingin agar IUU Fishing masuk dalam kejahatan maritim terorganisir antar negara. (RED | WWW.DETIK.COM)

Related

Pemerintahan 8595946592276108628

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item