Unggahan Status Raja Madapangga yang Berpose dengan Bupati, Disindir Banyak Netizen

Status Muhammad Arifudin, dibagikan oleh seorang warganet menjadi viral di Facebook, Rabu, 27 Juni 2017 dini hari. FACEBOOK/Aji Mesy
KABUPATEN BIMA - Tim Sukses Dinda-Dahlan yang juga menjadi staf ahli asal Fraksi Demokrat di DPRD Kabupaten Bima, Muhammad Arifudin atau di Facebook dikenal dengan panggilan Raja Madapangga mengupload foto dirinya dan Bupati Bima disertai dengan tulisan status dalam kronologi Facebook-nya sekitar pukul 19.45 WITA, Senin, 26 Juni 2017.

Dalam status yang diunggah bersama foto dirinya bersama Bupati Bima, Hj. Indah Damayanti Putri, Pimpinan Tabloid Bimantika itu menuliskan sebagai berikut.

"Senyumnya Umi Dinda Senyum kemangan di Hari yang Fitri. 

Edisi Silaturrahmi di Kediaman Bupati Bima.
Sempat2 nya saya memberitahukan ke Umi Dinda jangan Dulu pindah kantor sebelum Di pagari semua karna Kantor Bupati Bima di Wilayah Kecamatan Woha belum dipagar keliling, Nanti bisa masuk sapi kerbau dan Babi Hutan di Kantornya.

"Porona Aina Pana Hura Hara Ipi Pinda Kantor re, lengkapi saraa wau kuta ro makalai2 biar lebih Aman dan Nyaman" ("Intinya, jangan terburu-buru pindah kantor, lengkapi semua dulu pagarnya dan yang lainnya biar lebih Aman dan Nyaman")

Makasih Adindaku Ajudan Baik Hati dan Gantenk Bayu Satriawan ya," tulis Muhammad Arifudin.

Ternyata, oleh warganet lainnya, pemilik akun Aji Mesy, status tersebut di screenshoot dan dibagikan dengan tulisan status, "Akeku (ini) Pesan Bang Muhammad Arifudin kepada bupati bima,,,,!!!," ciut Aji Mesy  di kronologis beranda Fb-nya. Aji Mesy  pun menandai sekitar 14 pemilik akun FB lainnya dalam statusnya itu.

Sontak saja, status Aji Mesy di like atau disukai lebih dari 90 warganet dan dikomentari beragam oleh Netizen lainnya. Dari komentator yang ada,  mengundang gelitik dan nada guyon dari aktifis dan agen sosial kontrol di Kabupaten Bima. Tak sedikit pula yang ada yang menyindir Raja Madapangga itu. Berikut komentar sebagian dari para warganet yang dihimpun Redaksi Metromini.

Advo Ryans Ada AQUA...???

Jamil Al Habsyi Hahaha..... Toyib!

Irfan Odu Caru poda pesan ake ari (bagus sekali pesan ini adik) Aji Mesy

Barraq Mamone Ismail Kau pu pagari katahp kuta de ni.. (Suruh pagari yang kuat pagar itu)
Wati wara wali ja sahe ra capi ma hido lu.u dei nggaro dou jaman ake guru ee.. (tidak ada kerbau dan sapi yang lapar dan masuk kebun orang zaman sekarang)

Dou na loa mena ngupa ngaha ndai na.. (orang akan pergi cari makan masing-masing)

Bahasa bune wali dou ke (bahasa apalagi orang ini) bang Irfan Odu ra Aji Mesy ra pak Jamil Al Habsyi??
Aji Mesy De iyo teta (iya ini Teta/panggilan halus untuk abang) Irfan Odu,,,,na bertentangan labo janji ndai bupati pindah 5 juli (akan bertentangan dengan janji Bupati sendiri pindah 5 Juli)

Egon LantoedBoy keras pesan ake kamanae. (keras pesan ini yah)

Barraq Mamone Ismail Hahahah..
Dou na deni poda labo bupati pala bang arif ke (Orang dekat sekali dengan Bupati ternyata Bang Arif ini) Aji Mesy eee 

PAGARI ini bermakna lain nampak nya pak Jamil Al Habsyi.....
Aji Mesy Ncoki adeku terjemahkan pesan deh (terlalu sulit menerjemahkan pesan ini) Egon LantoedBoy,,,,porona wati kauna pindah,ee (intinya, tidak disuruh pindah)
Kades Roka Tunjukilah Kami Ke Jalan Yang Lurus Teta Irfan Odu
#Ihdinasshirathal mustaqiim.
Rahman Succes Ramadhan Pro kontra dg janji yg pernh di beritakn sblmnya Aji Mesy

Aji Mesy Baba Barraq Mamone Ismail,,,mada (saya) tertarik soal pagari agar tdk masuk kerbau sapi dan ba*i
Aji Mesy Pala na wancuku batu ba bupati elisi sia kasona deh (Tapi, sangat dituruti oleh Bupati, suara beliau [Muhammad Arifudin-red] itu) pak dokter Rahman Succes Ramadhan
Egon LantoedBoy nee katuu kai acara (mau dibuat untuk acara) uka uka di kantor Bupati ka (itu).
Aji Mesy Sabua mboto ma mbeko ndaike (apa memang ada yang bengkok di kita) Kades Roka ro
Aji Mesy Na kauku pagari wa,u ba (disuruh pagari dulu oleh) bang Muhammad Arifudin deh Egon LantoedBoy,,,ede ampo pindah lao dei,,,, (setelah itu baru pindah ke kantor yang baru [di Woha])
Kades Roka Aji Mesy

Wati ausi Nggh Baban ese ka ede mpa Pehe ndede kaina mada re (apa maksud bicara Baban di atas itu, sehingga menyebut seperti itu kepada saya)
Irfan Odu Porona pagar wau ari (intinya, dipagar dulu adik) Aji Mesy sesuai pesan bang Muhammad Arifudin,karena mboto wa*i,sahe ro jara di ma lu'u kaina ede di bademu ba ndai doho (karena banyak ba*i, kerbau dan kuda yang masuk ke dalam. Itu yang perlu digaris bawahi oleh kalian) woha pada umumnya dan kae pada khususnya ne'esi ricu pindah kantor bupati aina hori liar rero wa*,sahe ro jara ra ntadimure (kalau mau cepat pindah kantor Bupati, jangan dilepas liar Ba*i, kerbau dan kuda yang kalian pelihara) Jamil Al Habsyi,Egon LantoedBoy, arif Arif Kurniawan,Firdaus Lsip Madaras Akatsuki,Kades Roka
Barraq Mamone Ismail Wa*i ma mai aka mada pangga kombi ni (ba*i yang datang dari madapangga mungkin ini)
Firdaus Lsip Mahluk sesat itu Muhammad Arifudin...

Arif Kurniawan aka madapanggaka ma ore poda edaq B*TE,sakali wali ederu B*TE. (di madapangga yang banyak saya lihat MO**ET, sekali lagi MON**T)
Kades Roka Teta Irfan Odu
Mada Malao weha O'o ese sambori Nais Kani Oto ta. Di kuta Kai Kantor ka. Batu nggh baban ede ndai ke ni. (Saya ambil bambu ke sambori besok pakai mobil. Untuk pagar kantor itu. Ikuti kata Baban [M. Arifudin] kita semua ini)
Aji Mesy Ari meci ba bupati beliau deh (Adik tersayang Bupati beliau [M. Arifudin] itu) teta Irfan Odu ,,,,au2 pesan beliau re (Apa-apa pesan beliau) gak pernah tidak di turuti sma bupati
Aji Mesy Raho2 di ruma (Perbanyak doa kepada Tuhan) Kades Roka,eee, kana,epu do,a deh (eee.. perbanyak do'a saja)
Irfan Odu Wati loamu da batu maklum eli ndai Raja Madapangga cina ro ari dohoeeee (Ngak boleh ngak diikuti maklum titah Raja Madapangga, saudara dan adikku semua)
Foto Irfan Odu.
Aji Mesy De ese doro mada pangga aka mpa ma mboto wa*i (Di gunung Madapangga itu yang banyak Ba*i) baba Barraq Mamone Ismail,,,dei woha ede ando wara binatang marewo liar (Di tengah itu, memang tidak ada hewan yang berkeliaran)
Kades Roka Mada Ma sambea haza Peas (saya nanti sholat haza) re Aji Mesy raho selama taho ntai ara dana Mbojo ke (Meminta keselamatan kehidupan di tanah Bima)
Rahman Succes Ramadhan Alum (Maklum) bang Muhammad Arifudin ma nae kai (Yang diagungkan) Raja bang Aji Mesy hehhehhee
Aji Mesy Penguasa ku baban deh pak dokter Rahman Succes Ramadhan,,,,

Barraq Mamone Ismail Bua wara wa*i aka penapali-godo ka dambe ro?? (Apa ada Ba*i di Penapali-Godo ini kawan-kawan?)
Bade ma sy sih, wawi de ipa mada pangga aka ku wara kai na.. (Setahu saya Ba*i adanya di Madapangga sana adanya)

Oee Delian LuBisAji Mesy bang Irfan Odu ra adv Adv Rahman
Aji Mesy Poro na sana tantuku nggee na aka KLK kantor bupati deh (intinya, sangat senang sekali kantor letaknya di KLK),,,kalau mada menilik bhs de jure deh (kalau saya memaknai bahasa de jure) tera Irfan Odu
Aji Mesy Kana,e do,a romo na mboraku wawi mada pangga malao dei kantor bupati dei woha deh (Perbanyak doa memang, agar hilang Ba*i MAdapangga yang pergi ke kantor Bupati di Woha) Kades Roka
Aji Mesy Ampojaku ringa mada wara wawi ma rewo dei woha deh (Baru saya dengar ada Babi yang berkeliaran di woha) baba Barraq Mamone Ismail,ee
Advo Ryans Kalau belum pindah bulan depan saya jadikan gudang bawang edep di badet  (itu untuk diketahui) baba Muhammad Arifudin
Aji Mesy Ide cerdas itu pengusaha muda Advo Ryans,,,bune eli beliau deh (Bagaimana suara beliau itu) pak dokter Rahman Succes Ramadhan ???
Irfan Odu Porona ndai dohomu aina ka ngago titah ndai Raja watisi ne'e raka murka mena (Intinya, kalian itu jangan ributnya titah dari Raja. Kalau tidak mau mendapat laknat) dari Raja Madapangga. 
Foto Irfan Odu.
Rahman Succes Ramadhan Sedap juga aroma kalimat bos bawang AdbAdvo Ryans re bos Aji Mesy..
Kantor Bupati yg seyogyanya sdh di Janjikan akan pindah, ko ga jd lagi dengan alasan ini itu
Madaras Akatsuki Ede taho tetaeee douma ngau wa, uuu (Ya begitulah Teta, orang yang hebat)
Aji Mesy Porona (Intinya) wajib pindah 5 juli re pak dokter Rahman Succes Ramadhan,,,tiwara (tidak ada) alasan
Aji Mesy Bumi Nugroho SukenSuruzhy Sahdan Iwanday Arif Rheno Feri Maerewo Mhan Bido Irawan Juris RamaDhan Ardianputra Ardian Jenderal Rakyatku Ilyas konsolidasi karoci (dipercepat),,ta desak pindah oci (cepat) kantor bupati bima
Feri Maerewo D atur saja bang

Aji Mesy Twara (tidak ada) alasan ariee (adik),,,,ndaike (kita) ta dorong ku aura ne,e sadoho (apa yang mereka mau)
Feri Maerewo Iyo ta bang
Auku d kandadi ke (apa yang diperbuat ini) bang
Juris RamaDhan Ain kau alasan ringu rero siare (Jangan disuruh buat alasan yang mengada-ngada dia itu) Aji Mesy ipiku buta huru na (terlalu buta huruf) bupati na kadeesi (kalau mendengar) alasan yg tdk berbobot ede romoqu neena (itu sama-saja) hambur2kan uang negara tuu (bangun) kantor tdk dipergukan lagi.
Kades Roka Aji Mesy
Baba di Ma Bodo Kaina Saronto (Baba yang akan pukul dengan kalung di leher hewan) baban #Muhammadarifudin ma Kangango rero (yang sering ributkan) dunia. Cumpu kaina Iha (Akhirnya nanti rusak) Bupati rawi ana doure (Ulah anak itu)
Kades Roka Akera Pala Ngango Kai dunia Ke (Ini nantinya yang buat ribut dunia ini) Aji Mesy wa'ura Colek mpoi dou ke. (Sudah dicolek banyak orang ini)
Aji Mesy Gak ada alasan 5 juli harus pindah,,,saya sma adek2 di kota bima akan demo depan KLK Kades Roka
Irfan Odu Auku di telemu raho pindah ari (Untuk apa ngeyel minta pindah adik) Aji Mesy labo waura losa titah ndai (Apalagi sudah keluar titah) Raja Madapangga.
Linda Han Ba Tuu ka mpoi jana angran Lao wati kani kai (Untuk apa dibangun dan habiskan anggaran pembangunan) Kantor Bupati ka...Pai angran ede Kataho kai mpa sigi Doho wara one na..(Kalau anggaran itu digunakan untuk perbaikan mesjid masih ada gunanya) Paki Piti ku ngra naka (Buang uang namanya itu)
Jamil Al Habsyi Bo*e mada panggaka (Mon**t Madapangga itu)
Keliaran juga. Tapi tidak memilih lahan kantor bupati untuk tempat bermain
Advo Ryans Berarti harus bikin kandang khusus ya😄😄😄😄
Aji Mesy Io maklum beliau re (itu) penguasa neh teta Irfan Odu,,,,,ndota pura masyarakat kone bupati nabatu weaku nggahi na (Apalagi masyarakat, Bupati saja akan mendengarkan perkataannya)
Aji Mesy Teepura puka deh (Persiapkan jaring itu) bang Jamil Al Habsyi,,,,,,baina da keliaran bo*e madapangga re (Biar tidak keliaran mon**t Madapangga)
Aji Mesy Taroa nggahi ita deh (terang suaranya) kk Linda Han

Juris RamaDhan Kaupu pagari keliling siare (Suruh pagari keliling dia itu) Aji Mesy keturunan raja biasa kain bisa ra guna wa,un biasa kain (Keturunan Raja biasanya sakti mantra guna), ipi ja dahu dihewan hewan sih lao bupati ma ore pol pp dim waun ra amankan naw.... (Terlalu takut sama hewan-heawan. Padahal Bupati banyak Pol PP untuk menangkap dan mengamankannya)
Kaupu ngupa alasan ma logis wali eee, (Suruh cari alasan logis) romojaqu neen rendahkn exsistensi personal dou eli ede.... (memang sebenarnya ingin merendahkan eksistensi personal suara orang itu)
Linda Han Kuta keliling wara wali ku proyek di ruu bala aka la aka dan la aka...(pagar keliling biar banyak proyek untuk si dia si dia si dia) Ore lalo Film kau ra Sa ntoi na kantor Bupati Da KLK ka (Terlalu banyak film, suruh biar lama sudah kantor Bupati di KLK itu)
Irfan Odu Kalembo mena ademu dou woha ro kae (Harap maklum dan bersabar warga Woha dan Kae) selamat bermimpi untuk pindah kantor pemda secepatnya karena titah Raja Madapangga Muhammad Arifudin tidak merekomendasikan untuk pindah secepatnya kerena belum memenuhi syarat untuk pindah.
Ardianputra Ardian Aina ra kangeri,lao segel lalo kantor daerah aka kota kew, (Jangan diperlambat, pergi segel sudah kantor pemda di Kota itu) ntoira da tabai kalo lowi da kantor daerah (Sudah lama tidak merasakan pisang rebus di kantor daerah)
wkwkwkwkw
Madaras Akatsuki Caru caru (Bagus-bagus) bacaku pesan edesi (itu) maklum pesan sang raja untuk sang ratu..
SukenSuruzhy Raja Raja ,dahu adeku santudamu aka jaman moderen ke (Saya kuatir akan tersesat di zaman modern ini)..
Iyek Faris Al-Habsyi Wati ja pa Dahu ta aka wa*i ro Capi. (Tidak takut dengan Ba*i dan Sapi)
Dahu adeta Mboto Bo*e Ma londo Ese doro, Alu ja mu Hido. (Lebih ditakutkan banyak Mony** yang turun dari gunung. Maklum Kelaparan)
Madaras Akatsuki Ore rau fu, u kalo kompe kantor ka (sudah banyak pohon pisang samping kantor itu) abank..
Ardianputra Ardian Makijar kani ma ilmiah kew ny (sudah capek menggunakan argumentasi ilmiah ini),sekali2 ma (yang)  alamiah ra kew (ini) ,janji adalah utang,setiap ucapan adalah do'a.maju,lawan,tutu,hambu,hanta,kapule,kalelo,kamubu. (Tumbuk, hancurkan, angkat, kasih negpul, biar hancul terkeping-keping)
Iyek Faris Al-Habsyi Zaman Ake, Wati Loa Di Pata cengga romo.  (Zaman ini, tidak bisa di kenali dan tidak memang)
Mbe Mpori labo Humpa (Mana Rumput dan ilalang)

mbe Mb*te Labo W*wi. (Mana Mon**t dan mana Ba*i)

Samampa Hido.  (Sama saja kelaparan)
Beda Tipis Pa Wawi labo Bote.  (Beda tipis saja Mon**t dan mana Ba*i)
Wawi ka, na ngaha tampu'u Dumu tapu hampe Amu labo dana.  (Ba*i itu, kalau makan dari pucuk sampai ke akar-akarnya di dalam tanah)
Ndede wali Bote. Munga Pana'a bini asa na, Mbuipu Nentina Aka Rima labo Edi na... (Begitu juga monyet. Masih mengunyah dalam mulut sudah pegang lagi di tangan dan kakinya)
Kira kira ndede Pak Irfan Odu ro...?

Foto Iyek Faris Al-Habsyi.
Irfan Odu Ncihi labo poda wau edesi cinaku (betul dan benar kalau itu saudaraku) Iyek Faris Al-Habsyi
Iyek Faris Al-Habsyi caru wali ja alasan gedung wati Layak re. na ndumba si re, Sato'i dou mantau KTP Kabupaten ma ndadi Korban. (Lebih enak lagi alasan gedung tidak layak. Kalau hancur orang yang punya KTP yang jadi korban)
Masih banyak komentar dari warganet lainnya yang pada prisnipnya bertentangan dengan pandangan Muhammad Arifudin yang menyarankan Bupati agar jangan tergesa-gesa dalam pindah kantor Bupati Bima dari KLK (di Kota Bima) di gedung barunya, di Desa Godo, Kecamtan Woha, Kabupaten Bima.

Firdaus Lsip Saya rasa bupati akan tersesat kalau mendengarkan ocehan mahluk semacam Muhammad Arifudin...ausi fungsi na pagar nggahi mbojona kuta re saudara? (Apa fungsinya pagar dalam bahasa bima itu saudara?)

Sementara itu, fungsionaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Bima, Muhammad Arifudin masih dimintai komentar dan tanggapannya atas sindiran yang disampaikan warganet atas status yang di screen dan dibagikan oleh Aji Mesy tersebut. (RED)

Related

Politik dan Hukum 2083863504514934080

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item