Warga Desa Taloko 'Teriak' Soal Mutu dan Saluran Air Bersih

Keberadaan sakuran air bersih di Desa Taloko. METROMINI.Agus Gunawan
KABUPATEN BIMA -  Di Desa Taloko, Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima, sudah lama mengalami masalah air bersih. Pasalnya, kondisi air yang ada di desa itu, mutu dan kualitasnya kotor, serta saluran perpipaannya pun mengalami masalah. Dan sudah lama masyarakat tidak bisa memanfaatkan air bersih warga untuk kebutuhan rumah tangga yang ada.

"Air bersih sebagai sumberdaya kehidupan kami di Taloko, saat ini mutunya kotor dan tidak layak dimanfaatkan baik untuk dikonsumsi maupun kebutuhan rumah tangga. Selain itu, saluran aitnya oun mengalami masalah yang sudah lami. Dan masyarakat di sini sudah lama dalam menjalankan aktifitasnya sehari-hari terkendala dengan masalah air bersih," ujar Amrin Setiawan, S.Pdi, warga Desa Taloko, Selasa, 21 Juni 2017.

Keberadaan sakuran air bersih di Desa Taloko.
METROMINI.Agus Gunawan
Menurut Amrin, sebenarnya proyek air bersih yang ada di Desa Taloko, Kecamatan Sanggar sudah dianggarkan oleh negara di tahun sebelumnya. Kondisi ini, sebenarnya bukanlah masalah baru, namun sudah lama dirasakan oleh warga di sini.

Namun, proyek air bersih yang dikerjakan oleh kontraktor lalu, hingga saat ini mengalami kendala dan pemanfaatannya belum dirasakan oleh masyarakt saat ini.

"Akibat dari tidak seriusnya pengelola aset yang ada di Desa ini. Dan kami menilai bahwa penanggung jawab keberadaan fasilitas yang didanai oleh uang rakyat tidak mampu di jaga oleh pihak yang bertanggung jawab," tandas dia.

Dia menjelaskan, pada pelaksanaan pembangunan saluran air lalu, secara tehnis banyak ditemukan kelemahannya. Kecbocoran pipa hampir di tiap titik sambungan. 

"Ini menandakan bahwa pelaksanaan proyek air bersih lalu tidak ditekan pada sisi kualitas pekerjaan," ujarnya.

Diakuinya, dalam pengadaan saluran air bersih, sudah dialokasikan anggaran dan dihabiskan dana lebih dari Rp1 miliar.

"Ya, kalau ngak salah dulu anggaran proyek pembangunan saluran air bersih ini sampau dengan Rp1 miliar," sebut dia. 

Dia berharap, agar pemerintah dapat meninjau dan memperbaiki kembali proyek saluran air bersih khusus di Desa Taloko ini. 

Sementara itu, pihak Pemerintah Kabupaten Bima dalam hal ini Dinas PUPR Kabupaten Bima, masih dikonfirmasi terkait keberadaan fasilitas saluran air bersih yang dikeluhkan warga tersebut.  (RED)

Related

Pemerintahan 8631752611912184031

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item