Diduga Makan Jenis Jamur Beracun, 10 Warga Sambinae Dilarikan ke PKM Paruga

Jenis jamur yang menuebabkan 10 warga di Kelurahan Sambinae, Kecamatan Mpunda, Kota Bima mengalami keracunan dan dirawat di PKM Paruga, Rabu, 9 Januari 2019 malam. METROMINI/Dok
KOTA BIMA - Kepala Dinas Kesehatan Kota Bima, Drs. H. Azhari, M.Si mengatakan, petugas di Puskesmas (PKM) Paruga melaporkan menjelang maghrib, Rabu, 9 Januari 2019, sepuluh orang dibawa oleh masyarakat karena keracunan massal. Para korban ini berasal dari Kelurahan Sambinae, Kecamatan Mpunda, Kota Bima.

"Saya mendapat laporan dari petugas di PKM Paruga, terhitung sepuluh orang dari Sambinae yang dilarikan ke puskesmas oleh masyarakat. Mereka mengalami keracunan massal," ujar Azhari, Rabu (9/1/2019)

Diterangkannya, dari sepuluh orang warga yang dirawat di PKM Paruga, korban yang dewasa ada lima orang, yang remaja ada seorang dan yang anak-anak ada empat orang. 

"Laporan petugas yang mengalami keracunan ada yang dewasa lima orang, yang anak-anak empat orang dan seorang yang remaja. Mereka tiba di PKM Paruga dan langsung ditangani oleh dokter jaga dan para perawat yang bertugas," beber dia.

Azhari mengaku. setelah mendapat laporan dari dokter yang memeriksa para korban ini, diduga sumbernya adalah sebuah jamur yang sempat dikonsumsi oleh para korban. "Dari keterangan dokter, didiagnosa sumber racunnya karena warga mengkonsumsi jamur yang beracun," tutur dia.

Wakil Wali Kota Bima Feri Sofyan, SH mengunjungi warga yang alami keracunan massal di PKM Paruga, Rabu, 9 Januari 2019 malam. METROMINI/Dok
Lanjut dia, tiba di PKM, para pasien secara intensif dirawat oleh petugas di PKM Paruga. Saat datang, para pasien langsung ditangani dengan cepat dan baik, walau kedatangan para pasien hampir sama tibanya di PKM Paruga.

"Para pasien yang datang, langsung ditangani. Walau datangnya hampir bersamaan, dengan SOP yang sudah ada di PKM Paruga, semua pasien ditangani secara cepat dan juga baik. Kini, para pasien masih dalam pengawasan dokter," ungkapnya, semalam. 

Ia menambahkan, dari kejadian itu, Wakil Wali Kota Bima Feri Sofyan, SH datang dan melihat kondisi para pasien sesaat mendengar adanya warga yang mengalami keracunan massal di Kelurahan Sambinae. 

"Pak Wakil pun sempat datang menjenguk dan melihat para pasien yang keracunan akibat mengkonsumsi salah satu jenis jamur. Wakil Wali Kota memberikan semangat kepada mereka dan juga kehadiran beliau sebagai bentuk kepedulian yang responsif dari Pak Wakil saat melihat kondisi warga yang mengalami masalah atau pun musibah," terang mantan Kepala Dinas Tata Kota Bima. (RED | ADV)

Related

Pemerintahan 2193021484588418416

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item