604 Penumpang KM Binaiyah Diperiksa Kesehatannya, "299 Orang Berstatus ODP"

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan tim medis Kota Bima pada 604 pemumpang KM Binaiyah di Pelabuhan Bima,  Kamis, 26 Maret 2020 malam. METEROmini/Dok
KOTA BIMA - Kepala Dikes Kota Bima yang juga Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan Kasus Virus Corona di Kota Bima Drs. H. Azhari menegaskan, pemeriksaan kesehatan dilakukan terhadap 604 orang penumpang KM Binaiyah yang bersandar di Pelabuhan Bima sekitar pukul 23:30 WITA, Kamis, 26 Maret 2020.

"Pemeriksaan dilakukan oleh Tim Medis Kota Bima bersama dengan pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Jumlah semua penumpang kapal yang diperiksa  kesehatannya semalam ada 604 orang. Dan Pemeriksaan pun dilakukan secara dua tahap," jelas Azhari, pagi ini. 

Dirincikannya, juml;ah penumpang yang turun di Bima ada 300 orang yang di dalamnya penumpang kelompok Jama'ah Tabligh ada sebanyak 178 orang. Para Jama'ah ini ada yang berasal dari Kota bima sebanyak 9 orang, dari Kabupaten Bima 20 orang, dari Kabupaten Dompu ada 138 orang dan dari Sumbawa ada 11 orang.

"Total penumpang yang turun di Bima semalam ada 300 orang. Termasuk 178 orang dari kelompok Jama'ah tabligh. Sementara 304 orang melanjutkan perjalanannya ditambah ada penumpang yang naik dari Bima sebanyak 8 orang," terangnya. 

Kata dia, dalam pemeriksaan dua tahap, sebelumnya Tim melakukan pengecekan kesehatan untuk penumpang Jama'ah Tabliq sebanyak 178 orang. Dari para Jama'ah itu, ada seorang yang kondisinya ditetapkan sebagai suspect Corona atau mengalami gejala penyakit seperti terserang virus Corona di tambah lagi trackingnya pulang dari daerah yang terpapar. 

"Satu pasien ini belum bisa dipastikan positif Corona, sebab harus dilakukan pengecekan lebih lanjut lagi di laboratorium. Tapi yang jelas, pasien suspect ini langsung diisolasi dari klinik kapal dan diangkut dengan tandu menuju RSUD Bima sebagai RS rujukan semalam," jelasnya. 

"Sementara untuk 177 orang Jam'ah lainnya dipulangkan karena kondisinya baik saat diperiksa tetapi tetap tetap dalam pengawasan dan dilakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing. Mereka berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP). Kemudian, menjadi tugas surveilan yang akan memeriksa mereka masing-masing di daerahnya untuk tetap terus dipantau kesehatannya," paparnya menambahkan.


Lanjut dia, pemeriksaan tahap selanjutnya dilakukan untuk 122 orang penumpang umum. Di antara mereka, ada seorang penumpang yang suhu tubuhnya di atas 37 derajat dengan riwayat malaria dan tipes.

"Penumpang yang sakit ini akan isolasi mandiri di rumahnya. Demikian juga dengan 121 orang penumpang lainnya yang kembali ke rumahnya tetap melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Mereka pun berstatus ODP," tuturnya. 

Terakhir, sambung dia, untuk penumpang yang ada di atas kapal atau yang melanjutkan perjalanan yaitu sebanyak 304 orang ditambah 8 orang penumpang yang naik dari Bima juga diperiksa oleh Tim semalam di atas kapal KM Binaiyah. (RED | ADV)

Related

Kabar Rakyat 9100683581926633971

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item