Legislator Keluhkan Cara Bupati Tangani Virus Corona

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bima, Ilhan Yusuf. METEROmini/Dok
KABUPATEN BIMA - Ketua Komisi IV, Ilhan Yusuf menyorot soal minimnya anggaran dalam penanganan wabah virus Corona di Kabupaten Bima. Sorotannya itu di sampaikan di hadapan Bupati Bima saat Rapat Paripurna LKPJ Bupati Bima Tahun 2019 lalu di ruang rapat utama gedung DPRD Kabupaten Bima, Senin, 30 Maret 2020.

Duta PKS itu mengatakan, saat Komisi IV turun tiga  hari terkahir di sejumlah PKM dan lokasi medis lainnya, banyak sekali ditemukan keluhan para media yang mengeluhkan minimnya alat kelengkapan medis termasuk APD bagi para tenaga medis (nakes). 

"Saat kami turun ke sejumlah Puskesmas, banyak keluhan minimnya alat kelengkapan medis termasuk PAD bagi para tenaga medis. Ditambah lagi persoalan alokasi anggaran terkait penanganan wabah virus ini yang sangat minim di Kabupaten Bima," ujar Ilham dalam Paripurna, siang ini. 


Kepada Bupati Bima yang hadir saat itu, Ilham meminta keseriusannya untuk menindaklanjuti kondisi kekinian terkait fenomena wabah Corona. Salah satunya, kata dia, Pemkab Bima harus menyiapkan anggaran yang cukup untuk keadaan ini.

"Tidak ada waktu lagi bagi kita untuk santai. Bupati harus segera mengambil tindakan tegas untuk menyiapkan anggaran untuk mengantisipasi bahaya corona," sorotnya.

"Selain itu, kami juga mengusulkan agar segera menggelar rapat-rapat terkait antsipasi virus corona," tambah anggota DPRD Kabupaten Bima dua periode itu. 

Senada dengan Ilham, Ketua Komsi II M Natsir juga menegaskan agar Pemkab Bima ada keseriusan dan keberpihakan soal penganggaran dalam mengantisipasi virus Corona yang sudah menjadi pendemi global ini. Natsir meminta agar kesiapan anggaran harus mencukupi untuk menanggulangi dan mencegah virus ini. 

"Ada anggaran tak terduga di pos APBD sebesar Rp2,5 miliar yang bisa digunakan untuk mengantisipasi penyebaran virus ini di Kabupaten Bima," tandasnya.

Sementara itu, Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Puteri menjawab tanggapan legislator itu bahwa hari ini Tim Gugus akan menggelar rapat yang mengundang legislatif dan unsur lajn yang terkait. Hal ini, kata dia, guna menidaklanjuti berbagai saran dalam mengantisipasi virus yang membahayakan ini.

Bukan saja masalah pendanaan, kata Bupati, persoalan lain seperti pemahaman dan kesadaran masyarakat untuk mentaati maklumat dan himbauan pemerintah ini juga perlu dibahas dan ditindaklanjuti.

"Akan ada rapat untuk dibicarakan secara serius usai paripurna LKPJ ini terkait penanganan dan pencegahan virus Corona di Kabupaten Bima," terang Bupati di hadapan anggota DPRD Kabupaten Bima. (RED)

Related

Pemerintahan 3192255921090264682

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item