Ini Video Kebakaran Apartemen 27 Tingkat di London

Api yang mengamuk hebat di blok apartemen Grenfell Tower di pusat kota London mulai sekitar jam 1 pagi hari Rabu (14/6/2017) kemarin. GOOGLE/www.dw.com
LONDON-INGGRIS - Sekitar 200 anggota pemadam kebakaran sejak dini hari memerangi api yang mengamuk hebat di blok apartemen Grenfell Tower di pusat kota London. Masih banyak warga yang terjebak api di dalam gedung.

Saksi mata mengatakan mereka mendengar teriakan dari lantai atas saat api mengamuk mulai sekitar jam 1 pagi hari Rabu (14/6/2017) kemarin, di blok apartemen Grenfell Tower di London barat. Banyak warga yang terjebak api kelihatan melambaikan kain putih dari jendela lantai atas.

Polisi mengatakan sejumlah orang dirawat karena berbagai cidera, kebanyakan korban keracunan asap. Empat jam setelah laporan pertama masuk ke kantor polisi dan pemadam kebakaran, api masih terlihat menyala di beberapa lantai bangunan. Blok apartemen itu kelihatan hitam diselimuti asap tebal.

Potongan-potongan besar puing-puing bangunan jatuh ke kawasan sekitar Grenfell Tower, blok apartemen yang dibangun tahun 1970-an di daerah Kensington yang kebanyakan dihuni pekerja - tidak jauh dari kawasan mewah Notting Hill.

Keluarga-keluarga yang panik di lokasi kejadian mencoba memanggil keluarga mereka, karena takut anggota keluarganya masih terjebak api. Polisi dan petugas kesehatan membawa penghuni yang berhasil dievakuiasi ke restoran terdekat untuk pertolongan pertama.
Api yang mengamuk hebat di blok apartemen Grenfell Tower di pusat kota London mulai sekitar jam 1 pagi hari Rabu (14/6/2017) kemarin. GOOGLE/www.dw.com
Pemadam kebakaran mengerahkan sekitar 200 petugas ke Grenfell Tower yang memiliki 120 apartemen. Namun laporan tentang jumlah apartemen dan jumlah keseluruhan penghuni masih simpang siur. Demikian juga laporan tentang jumlah korban. Hingga berita ini diturunkan, tidak ada laporan korban tewas.

"Api berkobar dari lantai 2 sampai ke lantai 27," tulis seorang petugas pemadam kebakaran di Twitter. Para petugas pemadam kebakaran di lokasi kejadian mengatakan mereka berhasil mengevakuasi warga sampai ke lantai 11.

Pemadam kebakaran berjuang keras meredam api yang melalap gedung apartemen 27 lantai.

Polisi mengevakuasi bangunan-bangunan dekat Grenfell Tower karena khawatir orang-orang bisa terkena puing bangunan yang terus berjatuhan. Jalan bebas hambatan A40 dekat lokasi kebakaran yang biasanya dipenuhi mobil pada jam-jam sibuk di London ditutup untuk sementara. Sebuah jalur kereta bawah tanah yang melewati daerah itu dekat stasiun Latimer Road juga ditutup.

"Petugas pemadam kebakaran harus memakai alat bantu pernapasan dan bekerja sangat keras dalam kondisi yang sangat sulit untuk mengatasi kebakaran ini," kata asisten komisaris pemadam kebakaran London, Dan Daly.

"Ini adalah insiden besar dan sangat serius dan kami telah mengerahkan banyak sumber daya dan peralatan khusus," tambahnya. Walikota London Sadiq Khan juga menyebut kebakaran itu sebagai sebuah "insiden besar".

Polisi mengatakan mereka mendapat laporan tentang insiden kebakaran itu pukul 1.16 pagi waktu setempat. Blok apartemen itu dibangun tahun 1974. Warga setempat telah memperingatkan setahun yang lalu tentang potensi risiko kebakaran karena sampah yang menumpuk ketika sedang dilakukan renovasi.

"Masalah ini menjadi perhatian khusus karena hanya ada satu pintu masuk dan keluar ke Grenfell Tower selama perbaikan," tulis sebuah posting dalam blog Grenfell Action Group. Kelompok itu memperingatkan bahaya kebakaran dan kemungkinan pernghuni terjebak dalam gedung karena hanya ada satu jalan keluar dari bangunan. (RED)
________________
Berita ini sudah ditayangkan pada situs www.dw.com dengan judul berita "Kebakaran Hebat di Blok Apartemen 27 Tingkat di London".

Berikut Ini Videonya yang dilansir dari situs www.youtube.com

Related

Kabar Rakyat 3902661193296646396

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item