Pelaksanaan Test SKB CPNS Kabupaten Bima, Diduga Ada Permainan Oknum BKN Pusat

Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Bima,  Muhammad Erwin.METROmini/Agus Gunawan

KABUPATEN BIMA - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bima Muhammad Erwin mengugkapkan ada permainan Oknum Panitia Badan Pegawai Nasional (BKN) Pusat dalam Pelaksanaan Test Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kabupaten Bima.

Pada media ini,  Erwin mengatakan, pelaksanaan test lewat live streaming, ia melihat ada kejanggalan saat test berlangsung. Dari pantauannya ada salah satu peserta mendapatkan Skor 165 pada menit ke 25. Tapi anehnya angka itu tidak berubah sampai test itu selesai. 

"Berdasarkan pantauan langsung lewat live streaming, ada salah satu peserta mengikuti test dari awal sampai 25 menit berjalan, ia mampu meraih skor 165,  setelah menit 25 skor itu tidak berubah sampai waktu selesai, ini tentu aneh dan janggal," jelasnya Senin,  (14/9/2020).

Melihat ada kejanggalan pada pelaksanaan test itu,  Erwin Pun langsung mendatangi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bima untuk mempertanyakan permasalahan yang di persoalkan salah satu peserta tersebut. Dari pertemuan itu, kata Erwin, Panitia tidak mampu menjelaskan permasalahan yang dikeluhkan oleh peserta. 

"Saya datangi langsung dan berdialog dengan pihak BKD dan panitia dari BKN,  mereka hanya mampu menjelaskan tentang ketidaksempurnaan sistem CAT yang bisa saja setiap saat eror, tetapi tidak bisa menjelaskan kenapa yang eror cuma 1 pc, dan kenapa skor itu berhenti diangka 165, mustahil dalam 1 jam itu tidak ada satupun jawaban yang benar atau jika dikoreksi ulang oleh yang bersangkutan bisa saja nilai itu menjadi anjlok. Anehnya angka itu seolah berhenti di 165, seperti sudah dikunci, tidak bisa naik ataupun turun," terang  Anggota Komisi I ini. 

Menurutnya, pada pelaksana test SKB CPNS kali ini,  ia menduga ada yang permainan oknum BKD dan BKN pusat. Apalagi yang di ambil dari hasil test tersebut sangat terbatas. 

"Ada indikasi kuat permainan yang dilakukan oknum panitia lokal BKD dengan panitia pusat dari pihak BKN, apalagi formasi yang diperebutkan hanya 1 berbanding 3, peluang untuk bermain sangat mudah dengan cara membuat trik membuat sistem komputer atau laptop yang digunakan kedua peserta lain eror," akunya. 

Erwin tegaskan, dengan posisinya sebagai anggota Komisi I DPRD Kabupaten Bima saat ini,  ia tetap mengusut tuntas masalah ini sampai selesai. 

"Jika dugaan ini benar, biasanya kejahatan sistem seperti ini seringkali hanya bisa dirasakan dampaknya tetapi sangat sulit untuk dibongkar, namun saya bertekad melalui kapasitas sebagai anggota DPRD akan mengupayakan semaksimal mungkin persoalan ini agar diusut tuntas," tegas Duta PPP ini. (RED)

Related

Kabar Rakyat 8451441457534380453

Post a Comment

  1. Ya jawabanx slah terus kaleee.... kalo jwbnx salah kn skorx nggak bakal brubah... kita pake logika saja... kalau benar ada penambahan point kalo salah yg pasti point yg sdh draih jalan dtempat... sportif sajalah... ini ibaratx suatu permainan yg menang dapat juara dan yg kalah hrusx bisa terima kekalahanx dgn lapang dada...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Logikan mu terima ndak dalam waktu 1 jam 5 menit tidak ad nilai, sedang dalam waktu 25 menit dia mampu meraih poin 165

      Delete
  2. Soalnya buat saya mudah, nomor 1-38 soal paedagogik, nomor 39-48 unsur ekstrinsik, nomor 49-58 linguistik, 59-68 kebahasaan, nomor 69-78 diftong, nomor 79-88 ciri kebahasaan, 89-90 paedagogik, 91-100 makna puisi. Yang benar menurut komputer hanya 37 soal, namun menurut saya tidak masuk akal karena soalnya mudah dan sesuai dengan bidang saya!!!! Saking mudahnya soal saya mengerjakan soal itu dalam waktu kurang lebih 48 menit, tersisa waktu lebih kurang 42 menit untuk mengecek kembali jawaban saya.... Ketika nilai keluar saya merasa kaget karena nilai akhir yang keluar tidak sesuai dengan perhitungan saya! Semoga tidak ada permainan

    ReplyDelete
  3. Selain itu ada kejanggalan dalam live streamingnya.... Ketika keluarga saya menonton live tidak langsung kelihatan live dari YouTube BKD.... Di menit-menit terakhir baru live streaming bisa ditonton oleh keluarga.... Tidak seperti sesi berikutnya yang live mulai dari awal tayang sampai akhir....!!!!

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item