Tuntut Perbaiki DAM, Warga Ambalawi Blokir Jalan

Warga Blokir Jalan Tuntut Pembaki Dam Tolo Mango. METEROmini/Dok


KABUPATEN BIMA - Ratusan Petani di Desa Tolowata, Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima melakukan aksi blokir jalan. Dalam orasi Warga mendesak Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri memperjuagkan nasib Petani untuk pembangunan Dam Tolo Mango.

Aksi dengan memblokir jalan itu, warga mendesak pemerintah Daerah memperbaiki Dam Tolo Mango yang saat ini menjadi kebutuhan Vital masyarakat di Desa tersebut. 

Dalam orasinya, salah seorang massa aksi Putra mengatakan, permasalahan yang dikeluhkan oleg Petani saat ini sudah di bicarakan langsung dengan Bupati Bima. Bahkan kata dia,  dari pertemuan dengan Bupati Minggu 13 September 2020 malam itu akan memprioritaskan DAM tersebut. 

"Sudah sering kami mendesak agar segera diperbaiki. Bahkan Pemdes beserta tokoh Masyarakat menghadap Bupati, namun belum ada kepastian kapan Dam itu dikerjakan. Bupati hanya bilang akan di prioritaskan," jelasnya Senin (14/9/2020). 
Kata dia, tidak adanya anggaran untuk memperbaiki Dam, Petani hanya mengandalkan sumbangan dari sesama petani untuk memperbaiki Bangunan Dam yang rusak saat ini. 

"Anggaran digunakan sekarang,  Petani hanya hanya patungan untuk memperbaiki Dam itu," katanya. 

Diakuinya,  Ketika bangunan Dam tersebut diperbaiki, tidak menutup kemungkinan persawahan Warga di Desa setempat sejahtera dengan melimpahnya air disetiap sawah Masyarakat. 

"Jika Dam itu difungsikan, air  dapat mengairi puluhan hektar tanah di So Tolo Mango Desa Tolo Wara dan So Lima di Desa Rite,"akunnya. 

Ia menegaskan,  jika tuntutan petani ini tidak direalisasikan dengan cepat,  maka warga tetap melakukan pemblokiran jalan hingga hingga ada jawaban yang jelas dari Pemda. 

"Bila tidak keputusan yang
final, maka warga sudah sepakat tidak akan membuka blokir jalan ini," tegasnya. (RED)

Related

Kabar Rakyat 1484490081940288802

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item