Petani di Bolo Keluhkan Pupuk Subsidi Belum Disalurkan Distributor

Ilustrasi kondisi tanaman pertanian di Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima. (METROmini/Ist)

KABUPATEN BIMA - Penyaluran pupuk subsidi di musim tanam (MT) kedua dikeluhkan para petani baik yang menanam jagung dan padi di Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima.

Salah seorang warga di Desa Rasabou, H. Abdollah mengaku, jatah pupuk subsidi untuk MT 2, hingga saat ini belum disalurkan oleh distributor ke petani.

"Tanaman jagung kita butuh pemupukan, tapi sampai saat ini pihak pemerintah maupun distributor belum menyalurkan pupuk di musim tanam kedua," ujarnya, Jum’at (15/4/2022).

Kata dia, penyaluran pupuk subsidi pada tahun-tahun sebelumnya cukup lancar dan dan tidak bermasalah seperti ini.

"Kita heran dengan pola penyaluran pupuk tahun ini, padahal biasanya tidak seperti ini," akunya.

Di tempat terpisah, petani asal Desa Timu, Agus mengatakan, pada penyaluran pupuk di desa-desa di Kecamatan Bolo diduga ada permainan pihak-pihak tertentu.

"Kita menduga ada permainan tingkat atas, sehingga imbasnya kepada petani," katanya.

Agus mengaku, saat ini petani kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi. Untuk membeli pupuk, petani diharuskan ke pengecer tiap wilayah. Kalaupun demikian, ia sarankan pupuk subsidi dijual bebas saja.

“Kalau memang seperti ini mending pupuk urea subsidi dijual bebas saja,” ujarnya.

Agus berharap, pemerintah dan distributor segera untuk  menyalurkan pupuk urea subsidi, sehingga tanaman pertanian yang ada di Kecamatan Bolo dapat dilakukan pemupukan.

“Kita harap pemerintah dan distributor segera salurkan pupuk, supaya tanaman dapat dilakukan pemupukan,” harapnya.

Menanggapi keluhan Petani tersebut, Kepala BPP Bolo, melalui stafnya Sri Delima membenarkan petani saat ini membutuhkan pupuk untuk MT 2. Saat ini, kata dia, pihak sudah menyajukan pada Dinas Pertanian dan distributor untuk segera menyalurkan pupuk yang dibutukan petani.

"Hasil pantauan memang tanaman padi, jagung maupun kedelai saatbini butuh pemupukan. Terkait hal itu kita sudah ajukan untuk penyaluran," akunya.

Ia mengimbau kepada seluruh petani di Bolo agar bersabar terkait kerterlambatan penyaluran pupuk. Dan yang jelas sudah diusulkan untuk penyaluran.

“Insya Allah pupuk segera disalurkan, saat ini menunggu informasi dari Dinas Pertanian,” tutupnya. (RED)

Related

Kabar Rakyat 5789831188918234423

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 



 

 


 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item