Tiba di Lombok, Jasad Serda Mirwariyadin Pulang ke Bima Lewat Jalan Darat

"Pemakamannya Akan Dilakukan Secara Militer di Ambalawi"

Proses upacara pengantaran jenazah Sertu Mirwariyadin saat diberangkatkan dari Bandara Ngurah Rai di Bali menuju Bandara Internasional Lombok, Jum'at, 8 Maret 2019 malam. GOOGLE/Istimewa
KABUPATEN BIMA - Jenazah seorang anggota TNI yang gugur di Distrik Mugi, Kabupaten Nduga, Papua, Sertu Anumerta Mirwariyadin yang terlibat kontak senjata dengan Kelompok Kekerasan Bersenjata (KKB), Kamis, 7 Maret 2019, selanjutnya diterbangan dari Timika menuju Bali dengan menggnakan pesawat Garuda Indonesia GA 653. Jenazah Serda Mirwariyadin tiba di Bali tepat jam 13:40 WITA, Jum'at, 8 Maret 2019.

Saat di Bali, jenazah  Serda Mirwariyadin disemayamkan di Baseops Lanud I Gusti Ngurah Rai. Dan sekitar pukul 20:00 WITA, jenazah anggota Kopassus itu diterbangkan dengan pesawat Nam Air menuju Bandara Internasional Lombok (BIL). Dan selanjutnya,  jenazah Serda Mirwariyadin diantar dengan jalan darat menuju kampung halamannya di Desa Nipa, Kecamatan Ambalawi, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan akan dikebumikan, Sabtu, 9 Maret 2019.

Penjabat Sementara (Pjs) Kapentak Lanud I Gusti Ngurah Rai Kapten Sus Dani Kusdani mengatakan, Serda Mirwariyadin merupakan salah satu personel Kopadsus yang gugur dalam baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Mugi, Nduga.

"Jenazah Serda Mirwariyadin tiba di Bandara Ngurah Rai, Jumat (8/3/2019) pukul 13:40 WITA. Dan tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai, peti jenazah almarhum Serda Mirwariyadin dibawa menuju Baseops Lanud I Gusti Ngurah Rai untuk disemayamkan, sambil menunggu pesawat tujuan Lombok," ujar Dani.

Kata Dani, dalam penyambutan jenazah Serda Mirwariyadin di Bandara I Gusti Ngurah Rai turut hadir, Kasdam IX Udayana Brigjen TNI Kasuri, Aspers Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf Heru Agung, Asintel Kasdam IX/ Udayana Kolonel Inf Haryantana, Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto dan Komandan Lanud I Gusti Ngurah Rai Kolonel Pnb Wibowo Cahyono Soekadi. 

Jenazah Sertu Mirwariyadin saat d disemayamkan di Baseops Lanud I Gusti Ngurah Rai. Jum'at, 8 Maret 2019/ GOOGLE/Istimewa
Dani menambahkan, jenazah almarhum diberangkatkan sekitar pukul 20:00 WITA dari Bandar Udara Ngurah Rai Bali menuju Bandara Internasional Lombok (BIL). Sebelumnya, Serda Mirwariyadinmendapat penghormatan terakhir yang dipimpin langsung oleh Kasdam IX Udayana Brigjen TNI Kasuri.

"Sebelum diterbangkan ke Lombok, Serda Mirwariyadin mendapat upacara penghormatan terakhir yang dipimpin Kasdam IX Udayana Brigjen TNI Kasuri. Dan tiba di Bandara Lombok, jenazah Serda Mirwariyadin, estafet keberangkaran ke kampung halamannya di Bima dengan ambulance dan melalui perjalanan darat ," ujar Dani, dikutip melalui salah satu media online, Jum'at (8/3/2019) malam. 


Setiba di Bandara Internasional Lombok (BIL), jajaran Korem 162/WB menggelar upacara penghormatan penerimaan dan pemberangkatan jenazah Sertu Anumerta Mirwariyadin. Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han langsung menerima jenazah almarhum Serda Mirwariyadin di Bandara International Lombok, Jumat (8/3/2019) malam.

Danrem turut menyampaikan bela sungkata dan duka citanya atas meninggalnya Serda Mirwariyadin. Kata Danrem, almarhum merupakan salah satu prajurit terbaik TNI AD dari Kabupaten Bima.

"Upacara penerimaan dan pelepasan jenazah Serda Mirwariyadin merupakan wujud penghargaan kepada Almarhum yang telah gugur sebagai kusuma bangsa dalam melaksanakan tugas negara di Papia. Almarhum adalah putra terbaik yang berasal dari Kabupaten Bima. Untuk itu, kami mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendoakan almarhum, semoga almarhum mendapatkan tempat yang layak di sisi Allah SWT. Dan dalam upacara penghormatan ini juga digelar bersama jajaran dari Polda NTB," terang Danrem.

Baca juga: Jasad Mirwariyadin Yang Gugur di Papua, Rencananya Tiba di Bima Hari ini, "Ibundanya di Nipa Ikhlas Menerima"

Jenazah Sertu Mirwariyadin saat d disemayamkan di Baseops Lanud I Gusti Ngurah Rai. Jum'at, 8 Maret 2019/ GOOGLE/Istimewa
Selain itu. Danrem menambahkan, kepada keluarga yang ditinggalkan almarhum Serda Mirwariyadin, semoga Allah memberikan kesabaran, ketabahan dan keikhlasan dalam menghadapi ujian hidup ini,

Danrem pun menghimbau, kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tidak mudah terpancing oleh isu-isu yang menyesatkan, dan pada akhirnya dapat mengganggu ikatan persaudaraan, rasa persatuan dan kesatuan di antara sesama anak bangsa di tengah suasana duka yang sedang terjadi,

"Mari kita bersama-sama menjaga keutuhan Bangsa Indonesia tercinta. Semoga kita tetap selalu menghargai berbagai perbedaan yang di mana dengan perbedaan itulah yang telah memberikan kekuatan bagi Bangsa ini dalam meraih kemerdekaannya," ujar Danrem.

"Selain itu, mari pula kita hindari perpecahan di antara kita, sebab perpecahan hanya akan membuat kita semakin mundur dan pastinya perpecahan yang ada akan berpengaruh pada program-program pembangunan yang berorientasi pada terciptanya kesejahteraan dan peningkatan ekonomi masyarakat Indonesia," pungkas Damrem menambahkan.

Informasi yang dihimpun, keberangkatan jenazah menuju rumah duka di Desa Nipa, Kecamatan Ambalawi, Kabupaten Bima menggunakan Ambulance dan mendapat pengawalan dari Foreder Denpomdam IX/2 Mataram. Diperkirakan, Sabtu (9/3/2019) pagi, jasad almarhum sudah tiba di rumah duka. Dan almarhum Sertu Mirwariyadin akan dimakamkan secara militer di Kecamatan Ambalawi, Sabtu, 9 Maret 2019 setelah disemayamkan di rumah orang tuanya di Desa Nipa. (RED)

Related

Kabar Rakyat 3908827210315782968

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item