Hati-hati! Ada Aplikasi Berbahaya di Android, ini Tandanya

Ilustrasi aplikasi berbahaya di ponsel. Foto: jalantikus.com/GOOGLE
KOTA BIMA - Di toko aplikasi Google Play Store, ada jutaan aplikasi dan game Android bisa ditemukan, baik resmi maupun tidak resmi.

Sebagai pengguna ponsel pintar, tentu Anda juga harus pintar dalam mencermati sebuah aplikasi sebelum menginstallnya ke dalam ponsel. Bisa saja aplikasi yang yang diinstall memiliki virus berbahaya bagi ponsel.

Dengan banyaknya jumlah pengguna ponsel pintar saat ini, bisa menjadi peluang besar bagi peretas (hacker) untuk menyebarkan virus lewat aplikasi gratis.

Baca juga:

Sebuah aplikasi berbahaya atau tidak, bisa dilihat dari beberapa ciri khas yang dimilikinya. Berikut tanda-tanda aplikasi yang berpotensi membahayakan ponsel seperti dikutip dari liputan6.com, Jum'at (20/1/2017).

1. Tidak Ada di Play Store

Aplikasi yang tidak ada di di Play Store lebih berisiko membawa virus. Biasanya ada beberapa situs atau blog yang menyediakan link untuk mendownload aplikasi tertentu.

Hasil download itu berformat .apk yang terkadang berisiko mengandung virus.

2. Pengembang Aplikasi Tak Jelas

Ini juga menjadi pertimbangan sebelum menginstall sebuah aplikasi, banyak pengembang (developer) tidak jelas atau tidak diketahui sumbernya dari mana. Karena tidak jelas, bisa jadi aplikasi yang dibuat pun kurang kredibel.

3. Lihat Jumlah Unduhan dan Komentar

Bila aplikasi yang ingin diinstall ada di toko Play Store, coba perhatikan jumlah bintang yang diberikan oleh pengguna, begitu juga dengan review mereka saat menggunakan aplikasi.

Ini bisa menjadi tolak ukur berkualitas atau tidaknya sebuah aplikasi. Aplikasi yang berkualitas biasanya memiliki rating 4 ke atas dan jumlah pengguna biasanya sudah mencapai 1 juta orang.

4. Reputasi

Reputasi sebuah aplikasi bisa dilihat dari komentar pengalaman pengguna, baik itu di Google Play Store atau di komunitas Android lainnya. Bila komentar pengguna negatif dan jumlah unduhan sedikit, bisa jadi aplikasi tersebut berbahaya.

5. Deskripsi Ngawur

Selain jumlah rating dan komentar dari pengguna yang kurang, deskripsi yang diberikan pengembang tidak jelas di Play Store. Aplikasi tersebut bisa dicurigai sebagai aplikasi yang berbahaya. (RED | LIPUTAN6.COM)

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item