Pagi Tadi, Dua Puluh Narapidana di Rutan Bima Dipindahkan Ke Lapas Kelas IIB Dompu

 

Dua puluh Narapidana di Rutan Bima dipindahkan ke Lapas Klas IIB Dompu, Sabtu, 26 Februari 2022. (FACEBOOK/Rutan Bima)

KOTA BIMA - Sejumlah 20 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau Narapidana yang ditahan di Rutan Klas IIB Raba Bima dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Dompu. Proses pemindahan puluhan Narapidana ini, dilakukan sekitar pukul 05.00 WITA, Sabtu (26/02/2022).

Kegiatan diawali dengan Apel Kesiapan yang dipimpin oleh Kepala Rutan Bima, M. Saleh, SH. Kata Saleh, dalam pelaksanaan pengawalan pemindahan 20 orang Narapidana di Rutan Bima, dibantu oleh personel dari Kepolisian dan Anggota TNI Kodim 1608 Bima. 

Saleh mengatakan, usai sholat subuh, kegiatan eksekusi pemindahan Narapidana dilakukan berjalan cepat dan aman. Pemindahan sejumlah Narapidana dilaksanakan untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban akibat Over Kapasitas di Rutan Bima. 

"Pemindahan Narapidana ke Lapas Kelas IIB Dompu merupakan komitmen awal kami untuk dapat memastikan Narapidana yang memiliki Hukuman 1 (satu) tahun ke atas agar mendapat program pembinaan yang lebih pada Lembaga Pemasyarakatan," ungkap Saleh dalam siaran persnya, Sabtu (26/2/2022).

Kata dia, eksekusi pemindahan para Narapidana merupakan kegiatan rutin yang selalu dilakukan di Rutan Bima. Tak hanya ke Lapas Klas IIB Dompu. Sebelumnya, untuk Narapidana atau Warga Binaan wanita juga dipindahkan ke Lapas Perempuan Klas II Mataram. 

"Kegiatan ini sudah sering dilakukan dan bagian dari melaksanakan aturan bagi para tahanan. Sesuai aturan, Narapidana yang status hukumannya sudah berkekuatan hukum tetap. Proses pembinaannya dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas," ujarnya.

"Selain itu, karena memang kapasitas Rutan Bima yang Over Kapasitas sehingga perlu ada yang dipindahkan," jelasnya menambahkan. (RED)

Related

Kabar Rakyat 274551999872507285

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 



 

 


 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item