Aksi Blokade Jalan di Madapangga, Desak Tuntaskan Kasus Illegal Logging

Aksi blokadi jalan di Cabang Bolo, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, Rabu, 13 September 2023. Metromini/Agus Gunawan

KABUPATEN BIMA - Sekelompok mahasiswa dan warga Desa Bolo, Kecamatan Madapangga, Kabupatem Bima melakukan aksi blokade jalan di pertigaan cabang bolo. Aksi ini menuntut kasus ilegal logging. Aksi digelar hari Rabu (13/09/2023) yang di mulai sekitar pukul 09:30 WITA.

Akibat pemblokadean itu, sejumlah kendaraan roda empat dan roda dua macet total. Terlihat antrian kendaraan mulai dari cabang bolo hingga perbatasan Dusun Lara, Desa Tambe yang berjejer di sepanjang jalan begitupun dari arah sebaliknya.

Pada aksi tersebut, Kordinator aksi Rizky Ar mengatakan, kasus ilegal logging cukup menimbulkan kontroversi. Sebagai warga Kecamatan Madapangga, ia menilai pemerintah telah menunjukkan sikap tidak serius dalam menangani kasus tersebut.

Untuk itu, kata dia, pihak Kepolisian harus segera mengamankan kembali mobil truk bermuatan kayu sonokeling yang diberikan pinjam pakai terhadap pemiliknya. Ia pun menduga sopirnya pun telah dibebaskan. Hal itu wajib diamankan kembali demi kepentingan proses penyelidikan dan penyidikan kasus tersebut.

Selain itu, ia meminta kepada Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk mencopot jabatan Kepala KPH Morawa. Karena diduga kuat sebagai dalang korupsi kasus Ilegal logging serta terkait dengan pembebasan barang bukti (BB) kasus tersebut.

Aspirasi lainnya, pihaknya meminta kepada Kapolda NTB, segara mengambil alih kasus illegal Logging yang sedang ditangani oleh penyidik Polres Bima.

"Segera bongkar mafia kayu di Madapangga, yang merugikan masyarakat itu," ujarnya.

Ia menduga kasus ini melibatkan sejumlah oknum terkait yang ada di Madapangga.

"Segera menahan kembali dua oknum yang dibebaskan tersebut. Karena para pihak yang ditahan itu harus sama-sama mendapatkan efek jera secara hukum. Segera tangkap dan adili otak intelektual penyelundupan kayu sonokeling di Madapangga. Karena dari rangkaian peristiwa itu penyidik dan mestinya sudah membongkar siapa dalang dibalik kasus illegal logging yang sedang ditanganinya," jelaanya.

Kata dia, apabila tuntutan tersebut tidak ditindaklanjuti, maka pihaknya akan terus melakukan aksi demonstrasi cabang bolo sampai kasus ini benar-benar tuntas.

Aksi berlangsung sekitar satu jam lamanya yang akhirnya jalan dibuka kembali serta arus transportasi kembali normal. (RED)

Related

Politik dan Hukum 3859657289553945677

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Iklan

 


Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item