Ini Penjelasan Kabag Prokopim Atas Insiden Robohnya Panggung Festival Bima Ramah

Insiden ambruknya panggung saat Festival Bima Ramah Ii digelar di Taman Panda-Palibelo, Kabupaten Bima, Minggu, 17 September 2023 pagi. Metromini/Dok

KABUPATEN BIMA - Setelah warganet mengunggah kejadian insiden robohnya panggung dalam kegiatan Festival Bima Ramah (FBR) II, Sabtu, 16 September 2023 sekitar jam 10.00 WITA.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Kabupaten Bima, Suryadin pun memberikan keterangannya atas insiden yang digelar di Taman Panda-Palibelo, Kabupaten Bima itu.

Suryadin menjelaskan, insiden tersebut terjadi pada acara Lomba Bakar Ikan antar TP PKK Kecamatan, Organisasi Perangkat Daerah dan instansi vertikal Dalam rangkaian Festival Bima Ramah (FBR) II.

"Panggung lomba kesenian Marawis yang digunakan untuk rangkaian acara pembukaan kegiatan ambruk. Bagian lantai triplek jebol ke bawah, bukan seluruh bangunan panggung. Dan insiden tersebut terjadi setelah rangkaian acara pembukaan FBR yang diawali dengan menyanyikan lagu Gemar konsumsi ikan (Gemarikan) Kelompok Vokal murid SDN Pali bersama seluruh tamu undangan," jelaa Suryadin kepada Metromini, Minggu, 17 September 2023.

 Ia melanjutkan, setelah selesai pembukaan dan dilakukan sesi foto bersama. Pada kesempatan tersebut, tamu undangan seperti Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah, Kepala Bagian dan Camat yang hadir diundang untuk mengikuti sesi foto bersama.

"Beberapa saat sebelum sesi foto bersama itu dimulai bagian tengah panggung triplek dan besi penyangga di tengah ambruk karena kapasitas panggung yang tidak memungkinkan memuat banyak orang di atasnya," ujarnya.

Kata dia, acara kemudian dilanjutkan dengan peninjauan 30 stand lomba bakar ikan. Ada dua orang yang terluka pada bagian tangan atas insiden tersebut dan langsung dilarikan ke RSUD Bima untuk dilakukan penanganan medis lebih lanjut.

Sementara itu, dari informasi yang dihimpun, dua orang korban yang mengalami cidera serius atas insiden tersebut yaitu Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima, Hj Nurmah dan pejabat di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Bima, Basirun. 

"Dan pada saat robohnya panggung tersebut, Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri dan sejumlah pejabat lain juga berada di panggung Festival Bima Ramah, namun kondisi orang nomor satu di Kabupaten Bima itu baik-baik saja," tulis media online berita11.com, siang tadi. (RED)


Related

Pemerintahan 4707522015718039098

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Iklan

 


Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item