FRBM Kota Bima Gelar Aksi Batalkan Seleksi JPT di Pemkot Bima

FRBM Kota Bima gelar aksi depan kantor DPRD Kota Bima, Rabu, 13 September 2023. Metromini/Dok

KOTA BIMA - Front Rakyat Bersatu Menggugat (FRBM) Kota Bima menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor DPRD Kota Bima, Rabu,13 September 2023 pagi. Massa aksi mendesak para wakil rakyat untuk ambil bagian untuk membatalkan seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) yang dinilai cacat hukum. 

Seorang demonstran Imam mengatakan, seleksi JPT saat ini terindikasi menyalahgunakan wewenang dan dapat merugikan Negara. Pertama, terkait legalitas Ketua Tim Pansel, padahal pejabat yang berwenang dalam urusan SDM pegawai bukan Inspektur. Melainkan Sekda, Asisten III dan Kepala BKPSDM. 

"Untuk itu kami mendesak Walikota agar segera menghentikan dan membatalkan hasil seleksi JPT tahun 2023 ini," desak Imam. 

Menurut dia, proses seleksi JPT ini dipaksakan. Sementara pelantikannya nanti dibebankan pada penjabat walikota (PJ), karena Walikota Bima akan berakhir masa jabatannya pada tanggal 26 September 2023. 

"Ini terkesan sangat dipaksakan untuk menempatkan orang-orang dekat dan sarat nepotisme," tudingnya. 

Selain itu, massa aksi juga menyampaikan, Panitia seleksi JPT Lingkup Pemerintah Kota Bima ini tidak transparan, karena hasil JPT kedua tidak diumumkan, dan hal ini melanggar PP Nomor 11 Tahun 2017 pasal 121 tentang seleksi terbuka.

"Pada seleksi JPT di Lingkup Pemerintah Kota Bima juga berhembus kabar adanya dugaan suap yang dilakukan oleh salah satu peserta," ungkapnya. 

Massa aksi lain, Yudi juga menyampaikan tuntutan dengan meminta pihak Pemkot Bima segera membatalkan hasil seleksi JPT yang syarat Nepotisme dan cacat secara hukum. 

Ia menduga, Tim pansel yang dibentuk ini juga adalah titipan dari Wali Kota Bima, maka dengan ini pihaknya meminta segera dibubarkan karena syarat dengan kepentingan yang merugikan anggaran negara.

"Kami minta segera adili Ketua Pansel JPT Lingkup Pemkot Bima. Kami menilai seleksi ini tidak memenuhi syarat dan cacat secara hukum," tegasnya. (RED)


Related

Politik dan Hukum 6993634204464530961

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Iklan

 


Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item