Tak Transparan Gunakan Dana Desa, Warga Segel Kantor Desa Maria

Aksi penyegelan Kantor Desa oleh APMPP. METEROmini/Dok

KABUPATEN BIMA - Puluhan Masyarakat yang bergabung dalam Aliansi Pemuda dan Mayarakat Peduli perubahan (APMPP) melakukan aksi di depan kantor Desa Maria, kecamatan Wawo, kabupaten Bima Rabu,  9 oktober 2019. Aksi itu juga di Warnai dengan pembakaran Ban dan penyegelan Kantor Desa.

Pada aksi itu,  Koordinator lapangan Firman binsyar menilai,  selama ini pemerintah Desa Maria tidak transparan dalam menjalakan tugasnya. Baik dalam pengeloaan anggaran dana desa yang dikelola oleh desa selama ini.

"Kami meminta pertanggung jawaban kepala desa maria terkait penggunaan anggaran melalui
APBDES tahun 2015 sampai tahun 2018 yang di sertai dokumen-dokumen keuangan," ungkapnya.

Menurutnya dia,  Pemerintah Desa maupun Badan Permusyawaratan Desa (BPD) tidak ada transparansi dalam pengelolaan anggaran selama ini. Pada kesempatan itu ia meminta Pemdes dan BPD agar melaporkan segala bentuk pekerjaan selama ini.

"kami menuntut adanya keterbukaan informasi selama penggunaan APBDes tahun 2015 sampai dengan tahun 2018, dan meminta pihak  BPD untuk melaporkan pelaksanaan
kinerjanya selama melaksanakan tugas dan kewajibanya," terangnya.

Ia tegaskan, melalui pihak pemerintah kabupaten bima maupun pihak Penegak hukum agar segera menyikapi dengan serius apa yang jadi tuntutan Masyarakat saat ini.
"Pemerintah kabupaten bima untuk segera mengevaluasi kinerja kepala
Desa Maria, terkait transparansi penggunaan APBDes tahun 2019  sesuai regulasi yang ada. Kepada Polri dan kejaksaan untuk menyikapi terkait penggunaan dana desa tanpa adanya transparansi," tegasnya.

Lanjut dia, "Bila tuntutan  ini tidak segera ditindak lanjuti, maka kami bersama masyarakat akan terus melakukan aksi demonstrasi dengan jumlah massa yang lebih besar," terangnya.

Hingga berita ini di tayangkan,  Pihak pemerintah Desa Maria masih di upayakan Konfirmasi. (RED)

Related

Pemerintahan 3515247743236733666

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item