Indonesia Punya Wisata Baru, Sandiaga Uno: Bima Salah Satunya


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno Bersama Rombongan.METEROmini/Dok

KABUPATENBIMA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno hadir di Uma lengge Desa Maria Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat Minggu,13/6/21.

Sandiaga Uno yang datang bersama youtober terkenal Attar Halilintar, Aurel dan didampingi Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri, Wakil Bupati Bima H.Dahlan M Nor Ketua DPRD Kabupaten Bima Muhammad Feryandi, Anggota DPR RI H Syafruddin dan beberapa pihak terkait lain,dalam kunjungannya ke Desa Wisata Maria Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat mengunjungi situs bersejarah Uma Lengge yang kini masih dilestarikan.

Uma Lengge merupakan bangunan tradisional suku Mbojo yang mendiami wilayah yang kini masuk dalam Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima. Uma Lengge berbentuk kerucut di bagian atap. Pada zaman dulu, Uma Lengge digunakan sebagai tempat tinggal oleh masyarakat Wawo dan sebagian digunakan juga sebagai lumbung padi pada jaman dulu.

“Daya tarik wisata budaya Uma Lengge sangat langka. Bernilai sejarah tinggi karena ini adalah situs warisan budaya dari para leluhur suku Mbojo yang memiliki nilai sejarah dan keunikan tinggi dalam industri pariwisata. Kami akan terus memberikan pendampingan di Desa Wisata Maria agar objek wisata ini tumbuh dan menjadi destinasi wisata baru di Indonesia,” tegasnya.

Menurut Sandiaga Uno, Pendampingan yang dimaksud meliputi seluruh aspek yang diperlukan oleh desa wisata dengan penyusunan rencana pembangunan desa wisata dilanjutkan dengan pembangunan sumber daya manusia, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga desa wisata, kemudian pendampingan institusi desa wisata, serta pembangunan fisik atau infrastruktur dengan melibatkan kementerian dan lembaga-lembaga terkait.

“Bagi kami kebangkitan pariwisata ini dimulai dari desa wisata yang nantinya kita harapkan menjadi tonggak kebangkitan ekonomi. Kita ingin desa wisata hadir membuka peluang ekonomi dan membuka lapangan kerja serta lapangan usaha seluas-luasnya untuk meningkatkan ekonomi rakyat yang sangat membutuhkan pertolongan. Dalam program pembangunan nasional banyak hal yang belum tersentuh dan bagi kami inilah program yang berkeadilan dan tepat sasaran,” ungkapnya. 

Sandiaga menambahkan, dampak langsung dari kunjungan ke desa wisata yang dilakukan Kemenparekraf harapannya dapat memacu kenaikan ekonomi desa yang sangat siginfikan.

“Kami mendapat laporan, Desa Wisata Pujon Kidul yang Kabupaten Malang setelah disentuh dengan kunjungan oleh Kemenparekraf dalam program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 kunjungannya meningkat. Nah, ini adalah dukungan konkrit yang telah kami lakukan,” ujarnya.

Ia pun berharap desa-desa wisata yang sudah mendapat kunjungan oleh Kemenparekraf akan mampu tumbuh dengan baik kedepannya. 

“Saya juga berharap Desa Wisata Maria dengan Uma Lengge ini naik kunjungannya, sehingga akan membuka lapangan usaha bagi warga desa disini,” harapnya.(RED -ADV)

Related

Kabar Rakyat 6886038978002735803

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Iklan

 


Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item