M. Budiman Terpilih Jadi Ketua Karang Taruna "Bintang Selatan" Rabangodu Selatan, "Pesan Lurah Semoga Lebih Berkarya"

Tiga calon Ketua Karang Taruna "Bintang Selatan" dan prosesi pemilihan langsung yang dihelat di 4 TPS dan berjalan sukses, Minggu, 20 Februari 2022. (METROmini/Agus Mawardy)

KOTA BIMA - Pemilihan Ketua Karang Taruna "Bintang Selatan" Periode 2022-2027 di Kelurahan Rabangodu Selatan, Kecamatan Raba, Kota Bima berlangsung secara demokratis dan damai, Minggu, 20 Februari 2022.

Ketua Panitia Pemilihan Imam Sufwan, ST menjelaskan, dalam proses pemilihan Ketua Karang Taruna yang baru setelah dilakukan seleksi calon ada tiga nama kandidat yang dipilih secara langsung oleh warga. Ketiganya adalah Julkifli, Suhardin dan M. Budiman.

Dan proses pemilihan dilakukan di empat TPS yang telah ditetapkan di masing-masing lingkungan RW. 

"Sistim pemilihan untuk Ketua Karang Taruna "Bintang Selatan" dilakukan secara langsung oleh warga di Rabangodu Selatan yang memiliki hak suara. Lokasi TPS pemilahan ditetapkan di masing-masing lingkungan RW," jelasnya di kantor Kelurahan Rabangodu Selatan, Minggu, 20 Februari 2022.

Kata dia, dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 2.463 pemilih. Tingkat keikutsertaan pemilih dalam proses demokrasi hari ini hanya sebanyak 1.135 pemilih. Diakuinya, partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi pemilihan Ketua Karang Taruna masih di bawah 50% dari jauh DPT. Keadaan ini sedikit berbeda saat pemilihan Ketua LPM lalu yang jumlah pemilihnya hampir 1.800 pemilih.

"Kami mempersiapkan surat suara untuk pemilihan Ketua Karang Taruna sebanyak 1.800 lembar. Namun partisipasi masyarakat yang memberikan hak pilihnya hanya 1.135 orang saja atau di bawah 50% dari jumlah DPT," ungkap Imam yang juga Ketua LPM di Rabangodu Selatan itu.


Baca Juga: Pemilihan Ketua Karang Taruna"Bintang Selatan" di Rabangodu Selatan...


Ia mengaku, dalam melaksanakan proses demokrasi ini. Anggaran yang didapat panitia merupakan hasil sumbangan dari Lurah Rabangodu Selatan, para Ketua RW da RT serta sumbangan dari warga.

"Alhamdulillah, kendati swadaya dalam kegiatan hari ini. Prosesnya berlangsung demokratis dan damai. Kebetulan dari ketiga calon masih memiliki hubungan kekerabatan dan masih keturunan yang sama," ujarnya.

Ia menambahkan, hasil pemilihan setelah dilakukan rekapitulasi suara dari 4 TPS yang ada. Suara terbanyak diraih oleh Calon Nomor 3 atas nama M. Budiman dengan suara 483. Diikuti oleh Calon Nomor 2 yaitu Suhardin dengan perolehan suaranya 455. Dan di posisi ketiga adalah Calon Nomor 1 yaitu Julkifli.

"Hasil perhitungan suara, tak terlalu berbeda jauh dari Calon Nomor 3 dan Nomor 2. Selisih suara hanya 28 suara. Dan hasilnya telah diputuskan bahwa Ketua Karang Taruna "Bintang Selatan" diraih oleh M. Budiman," tandasnya.

Selanjutnya, kata dia, Ketua terpilih akan melakukan rapat pembentukan pengurus baru yang kemudian akan dijadwalkan lebih lanjut untuk prosesi pelantikan. 

"Kami sangat berharap, agar kepengurusan baru di bawah nahkoda M. Budiman, mampu menciptakan prestasi dan meningkatkan produktivitas generasi muda di Rabangodu Selatan," harap Imam.

Sementara itu, Lurah Rabangodu Selatan, Husni mengaku bangga atas kerja Panitia Pemilihan Ketua Karang Taruna yang sukses melaksanakan pemilihan secara langsung hari ini. Dan kepada calon yang terpilih, diharap mampu merangkul calon lainnya untuk bersama-sama membentuk kepengurusan baru yang nantinya akan dilantik dan bisa menjadi garda pemuda untuk kebanggaan Kelurahan Rabangodu Selatan.

"Kepada Panitia Pemilihan, kami ucapkan terima kasih dengan suksesnya kegiatan pemilihan Ketua Karang Taruna yang baru di Rabangodu Selatan. Walau dalam prosesnya penuh dengan kekurangan, ditambah anggarannya hasil dari swadaya masyarakat," ucap Lurah.

"Dan untuk Ketua terpilih, semoga mampu membawa Karang Taruna "Bintang Selatan" semakin berkibar dan penuh karya ke depannya," tambah Husni di kantornya. (RED | ADV)

Related

Kabar Rakyat 6821166240689266507

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Iklan

 


Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item