Temui Warga di Bantaran Sungai Padolo, HMR: Kita Harus Miliki Visi Sama Menangani DAS Padolo

Penjabat Wali Kota Bima, H. Mohammad Rum, bertemu dengan warga bantaran Sungai Padolo di Kelurahan Paruga


KOTA BIMA - Penjabat Wali Kota Bima, H. Mohammad Rum, bertemu dengan warga bantaran Sungai Padolo di Kelurahan Paruga untuk membahas progres pembenahan Daerah Aliran Sungai (DAS) Padolo sekaligus gotong royong real action bersih-bersih sungai Padolo dengan Komunitas Masyarakat Peduli Sungai "Sigi Mantika", Sabtu 25 Mei 2024. Dalam pertemuan tersebut, Rum menekankan pentingnya kesamaan persepsi dan visi antara pemerintah dan masyarakat dalam menangani ancaman banjir yang kerap melanda daerah tersebut.


Rum menyampaikan bahwa masyarakat harus menyambut baik peluang pembenahan DAS Padolo yang akan didanai oleh bantuan dari Japan International Cooperation Agency (JICA). Bantuan ini mengharuskan pembebasan lahan yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah sebagai penerima bantuan.


"Kita harus memiliki visi yang sama dalam menangani DAS Padolo, karena bantuan ini mengharuskan tersedianya lahan pelaksanaan pekerjaan oleh Pemerintah Daerah penerima bantuan. Jika hal ini tidak mampu dipenuhi, maka paket pekerjaan ini akan di alihkan ke daerah lain di Indonesia yang lebih siap. Tentunya hal ini berpotensi merugikan bagi Kota Bima terutama bagi masyarakat bantaran sungai dan penanganan ancaman banjir juga akan mengalami hambatan. Perlu dipahami bersama bahwa ruang fiskal Pemerintah Kota Bima untuk menangani Mega proyek seperti ini sangat terbatas. Oleh karena itu, kita harus mendukung terealisasinya paket pekerjaan yang bersumber dari JICA ini," harap H. Mohammad Rum.


“Kegiatan gotong royong yang kita laksanakan hari ini adalah langkah awal yang penting. Kita membersihkan area pelaksanaan proyek JICA dan memastikan bahwa persetujuan pembebasan lahan sudah terpenuhi. Kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat sangat diperlukan untuk kelancaran proyek ini,” ujar Rum.


Pertemuan dan gotong royong di Kelurahan Paruga ini menunjukkan komitmen bersama untuk mewujudkan DAS Padolo yang lebih baik dan aman dari banjir. Pemerintah berharap dengan adanya pembenahan ini, ancaman banjir dapat diminimalisir dan kualitas hidup masyarakat di sekitar bantaran sungai dapat meningkat.


Proyek JICA ini diharapkan dapat menjadi solusi jangka panjang untuk mengatasi permasalahan banjir yang sudah lama menjadi keluhan warga. Pemerintah Kota Bima berjanji akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait dan memastikan proyek berjalan sesuai rencana dan tepat waktu.


Masyarakat Kelurahan Paruga menyambut baik arahan Pj. Wali Kota Bima dan menyatakan komitmen bahwa seluruh warga bantaran sungai Padolo telah memiliki kesadaran akan pentingnya pelaksanaan pekerjaan pembenahan DAS Padolo dan meminta agar pekerjaan tersebut segera direalisasikan mengingat seluruh warga telah menyetujui pelepasan lahan. (RED


Related

PEMKOT BIMA 8971028640391098180

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Iklan

 


Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item