Daya Baterai Ponsel Cepat Habis? Ini Penyebabnya

Ilustrasi baterai. Foto: google.com
KOTA BIMA - Baterai menjadi hal yang paling utama pada sebuah ponsel. Secanggih apa pun ponsel yang Anda miliki, tidak akan berguna bila baterainya boros.

Banyak hal yang menyebabkan daya pada baterai ponsel cepat habis. Sebelum mengetahui penyebabnya, perlu diperhatikan, Kita asumsikan bahwa ponsel dalam keadaan normal, artinya baik baterai ponsel dan kompenen daya lainnya masih baru dan dalam keadaan baik.

Baca juga: Pertolongan Pertama pada Handphone yang Terendam Air

Berikut beberapa penyebab baterai ponsel cepat habis seperti Metromini kutip dari liputan6.com.

1. Background apps

Aplikasi media sosial dan perpesanan mungkin menjadi aplikasi yang paling banyak mengonsumsi daya baterai. Hal ini disebabkan karena aplikasi tersbut selalu terkoneksi ke internet dan berjalan di background.

Baca juga: Berapa Jam yang Kita Butuhkan untuk Akses Internet dalam Sehari?

2. Aplikasi perpesanan

Coba buka ponsel Anda dan lihat berapa banyak aplikasi perpesanan yang terinstal dan berapa sering kontak dalam aplikasi tersebut mengirim pesan?

Solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan memasang aplikasi perpesanan dengan wajar. Artinya, bila kontak dalam beberapa aplikasi perpesanan tersebut relatif sama, tentu hanya satu aplikasi perpesanan yang akan digunakan.

3. Aplikasi media sosial

Aplikasi media sosial punya banyak pilihan, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan lain-lain. Bila push notification di aplikasi media sosial itu aktif, hal ini lah yang menjadi penyebab baterai boros.

Cara mensiasati banyaknya aplikasi media sosial di ponsel adalah dengan mengaksesnya melalui browser yang ada. Facebook dan Twitter adalah media sosial yang masih cukup nyaman diakses melalui browser.

Baca juga: Begini Cara Menguji Performa Browser yang Anda Gunakan

Hanya saja, sign in ke Facebook atau Twitter akan terasa berbeda karena masalah user experience. Tapi hal tersebut tidak terlalu berbeda dengan saat menggunaka aplikasinya. Maka aplikasi Facebook dan Twitter bisa dihapus dari ponsel.

Dengan menghapus kedua aplikasi tersebut, sebenarnya bukan hanya menghemat daya baterai ponsel, tetapi juga menekan konsumsi data. Sedangkan untuk media sosial yang lain yang hanya bisa diakses melalui aplikasinya, bisa dipasang kalau benar-benar diperlukan.

4. Penyebab lain

Selain aplikasi perpesanan dan media sosial, ternyata ada beberapa penyebab baterai ponsel cepat habis, seperti penggunaan wallpaper berwarna cerah, atau wallpaper bergerak. Selain itu memasang widget di homescreen juga bisa menjadi masalah baterai. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan memasang wallpaper statis berwarna gelap dan mencopot widget tak penting.

5. Solusi alternatif

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang mungkin bisa membantu agar aplikasi masuk ke modus hibernasi, pada saat aplikasi itu tidak digunakan. Salah satunya adalah Greenify. Aplikasi tersebut bisa mencegah aplikasi lain beraktivitas pada background process, sehingga daya baterai menjadi lebih hemat. (RED | LIPUTAN6.COM)

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Iklan

 


Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item