Dua Kapal Bermuatan 92 Ekor Sapi Ilegal Diamankan TNI AL

Dua Kapal Bermuatan sapi Diamankan TNI AL.METEROmini/Dok

KOTA BIMA -Kurang dari seratus ekor sapi tampa memiliki surat keterangan jual beli diamankan oleh TNI AL. di Pelabuhan Bonto Kota Bima, pada hari sabtu, 13 Februai 2021.

Kedua kapal yang memuat sapi ilegal tersebut berasal dari Flores, Nusa Tenggara Timur.

Kedua kapal tersebut diamankan pada waktu yang berbeda, saat akan berlabuh di sekitar perairan Bonto, Asakota, Kota Bima. Pada awalnya TNI Al mengamankan kapal yang membawa 31 ekor ternak sapi, pada Jumat, 12 Februari 2021 sekitar pukul 20.30 Wita. Sementara penangkapan kedua dilakukan pada kapal yang mengangkut 61 ekor ternak sapi, Sabtu, 13 Februari 2021 pukul 06.30 Wita. 

Dari jumlah ternak di kapal pertama, terdapat empat ekor sapi jantan dan 27 ekor sapi betina. Lalu saat penangkapan pada kapal kedua terdapat 40 ekor sapi betina dan 21 ekor sapi jantan. 

"Dari jumlah keseluruhan 92 ekor sapi, tiga di antaranya mati disebabkan kelelahan saat perjalanan," kata Komandan Pos TNI AL, Peltu Muhamad saat diwawancarai di Pelabuhan Tanjung Bima, Sabtu (13/2/2021) sore. 

Dari penuturan Anak Buah Kapal (ABK), semula puluhan sapi itu didatangkan dari Flores NTT dan hendak dibawa ke tiga pemiliknya yakni SS, BL, BH. Ketiganya warga asal Dusun PaliSondo, Desa Sondo Sia, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima

"Tidak satu pun dari puluhan ternak yang dibawa karena tidak memiliki surat-surat jual beli, rekomendasi pelepasan dari dinas terkait, serta bukti angkutan dari daerah asal yakni pelabuhan di Flores," kata Muhamad. (RED)

Related

Kabar Rakyat 6910501731712722639

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Iklan

 


Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item