PJ Wali Kota Bima, HM. Rum Bertemu Pengrajin Batu Bata bahas Permodalan dan Pemanfaatan Teknologi Modern dalam Produksi Batu Bata


KOTA BIMA , Jatibaru Timur, 26 Oktober 2023 - Pj Wali Kota Bima, HM. Rum, melakukan pertemuan dengan warga pengrajin batu bata di Kelurahan Jatibaru Timur. Pertemuan ini bertujuan untuk membahas permodalan serta pemanfaatan teknologi modern dalam produksi batu bata berstandar Nasional.

Dalam pertemuan tersebut, Pj Wali Kota Bima, HM. Rum, memberikan arahan kepada para pengrajin batu bata agar menghindari permodalan usaha mereka melalui "Bank Subuh" (Rentenir). Ia menekankan bahwa penggunaan Bank Subuh selain dianggap haram juga berpotensi mengakibatkan keterpurukan ekonomi bagi keluarga pengrajin batu bata. Sebagai solusi, Pemerintah Kota Bima akan berperan aktif dalam membantu mengatasi sulitnya kondisi permodalan para pengrajin batu bata melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada bank syariah.

"Pemerintah Kota Bima akan bertindak sebagai penjamin atas pinjaman kredit usaha tersebut, sehingga para pengrajin dapat mengakses modal dengan lebih mudah", ungkap HM. Rum.

Selain itu, untuk meningkatkan kualitas produksi batu bata yang dihasilkan oleh para pengrajin di Kelurahan Jatibaru Timur, Pemerintah akan berupaya menyediakan alat produksi berteknologi modern. Kerja sama dengan berbagai pihak yang kompeten, termasuk perguruan tinggi, akan dijalin untuk menyediakan riset inovatif yang mendukung proses produksi batu bata berstandar nasional. Hal ini diharapkan akan memberikan dorongan positif bagi industri pengrajin batu bata di daerah Jatibaru ini.

"Saya harap Jatibaru Timur akan menjadi produsen batu bata berkualitas dan dikenal sentra home industri batu bata yang merupakan pembeda dengan kelurahan lain di Kota Bima. Artinya pemetaan dan clusterisasi industri di setiap kelurahan yang ada di Kota Bima dapat segera terwujud sehingga setiap kelurahan memiliki keunggulan masing-masing", jelas Pj. Wali Kota Bima yang akrab di sapa Abi Rum ini.

Sementara menjawab persoalan pemasaran hasil produksi batu bata dari para pengrajin, HM. Rum akan memberikan instruksi khusus kepada setiap pelaksanaan kegiatan pembangunan di Kota Bima untuk mengutamakan penggunaan batu bata hasil produksi dari pengrajin di Kelurahan Jatibaru Timur, dengan catatan kualitas produksi yang dihasilkan memenuhi standar kelayakan bahan bangunan yang dikeluarkan oleh Dinas PUPR Kota Bima.

"Tidak boleh menggunakan batu bata lain untuk proyek pembangunan di Kota Bima, selama stok batu bata Kelurahan Jatibaru Timur masih tersedia", tegas HM. Rum.

Pertemuan ini turut dihadiri oleh Kadis Kominfotik, Kabag Kesra, Kabag Prokopim Setda Kota Bima, Kapolsek Asakota, Camat Asakota dan Lurah Jatibaru Timur.

Kegiatan ini juga mencerminkan komitmen Pemerintah Kota Bima dalam mendukung perkembangan industri batu bata secara berkelanjutan, dengan memperhatikan aspek permodalan yang sesuai dengan prinsip syariah serta pemanfaatan teknologi modern untuk meningkatkan kualitas produksi serta intervensi Pemerintah Kota dalam hal strategi pemasaran hasil produksi pengrajin batu bata Kelurahan Jatibaru Timur.(RED)

Related

Pemerintahan 6306624257923115925

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Iklan

 


Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item