Kondisi Jalan Provinsi di Tambora Terkikis Banjir, Kades Rasabou Minta Segera Diperbaiki

Kondisi terkikisnya jalan yang ada di Desa Rasabou, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima, Senin, 25 Februari 2019. METROMINI/Dok
KABUPATEN BIMA - Kepala Desa Rasabou, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima Miskhan S.Sos mengatakan, hujan lebat yang melanda kawasan Tambora dan sekitarnya dalam beberapa minggu terakhir menyebabkan salah satu akses jalan penghubung anatara Kecamatan Sanggar-Tambora nyaris amblas. 

"Jalan yang merupakan jalan penghubung antar kecamatan berlokasi di Desa Rasabou. Saat ini kondisinya nyaris amblas akibat dihantam banjir bandang dua minggu lalu yang disebabkan intensitas hujan yang tinggi," ucap Kades, Senin (25/2/2019).

Ia menjelaskan selain kondisi jalan tersebut, beberapa fasilitas seperti pagar masjid desa rata dengan tanah dan terjadi longsor di sepanjang sungai. Seringnya banjir belakangan ini, sambung dia, mengakibatkan badan jalan mulai kerkikis dan aktifitas masyarakat terganggu,  

"Kami berharap kondisi ini bisa diperhatikan oleh Pemerintah Daerah baik Pemkab Bima dan Pemprov NTB karena fasilitas umum yang ada saat ini dalam kondisi butuh ditangani dengan segera, Agar kerusakannya tidak meluas dan menyebabkan adanya korban," bebernya. 

Ia mengaku, khusus untuk kondisi jalan yang mulai terkikis merupakan jalan satu-satunya yang dilewati warga. Dan jika terus dihantam banjir tentunya kerusakannya akan meluas. Dan jika tidak segera ditangani maka akan merugikan masyarakat yang ada di Kecamatan Tambora saat ini. 

"Kami harap sekali kondisi segera diperhatikan. Karena jalan ini merupakan akses satu-satunya warga yang ada di Tamboro yang ingin menuju ke Kecamatan Sanggar," ujarnya menegaskan.

Kata dia, para pengguna jalan sangat was-was dan kuawatir bila melintasi jalan tersebut. Apalagi, saat ini, kebutuhan jalan tersebut sangat sering dilintasi kendaraan yang mengangkut hasil bumi. Pihaknya pun mengaku pernah menyampaikan kondisi ini ke pihak Pemerintah Provinsi NTB. Namun belum ada respons yang serius. 

"Kalau sampai jalan ini terus-menerus dihantam banjir, tentu saja akses lalu lintas di Tambora  akan lumpuh total. Sebelum semuanya terjadi, pemerintah harus segera mengantisipasinya," tandas Kades. 

Sementara itu, pihak Pemkab Bima dan juga DPUPR Provinsi NTB masih dalam upaya dikonfirmasi terkait dengan keluhan Kades yang ada di Kecamatan Tambora tersebut. (RED)

Related

Kabar Rakyat 1780887186343903036

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item