Penjabat Wali Kota Bima Resmikan Aplikasi Simatik



Penjabat (Pj) Wali Kota Bima, Ir. H. Mohammad Rum, MT, meresmikan aplikasi Sistem Manajemen Informasi Kelurahan (Simatik


KOTA BIMA - Penjabat (Pj) Wali Kota Bima, Ir. H. Mohammad Rum, MT, meresmikan aplikasi Sistem Manajemen Informasi Kelurahan (Simatik) Peresmian itu dilakukan di Aula Kantor Wali Kota Bima Selasa, 5 Desember 2023.

Aplikasi Simatik sendiri merupakan inovasi yang dibuat oleh Dinas Kominfotik Kota Bima yang kedepan akan menjadi pusat informasi Pemerintah Kota Bima yang bermuara dari kelurahan.

Untuk itu, penerapan Aplikasi Simatik diharapkan mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik sebagai bagian dari pelaksanaan Perpres Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Menanggapi hal ini, tentu saja HM. Rum menyambut baik dan mengapresiasi hadirnya Aplikasi Simatik di Kota Bima. Menurutnya, pendataan berbasis elektronik pada zaman sekarang memang wajib.

"Saya harap sudah tidak ada lagi daerah-daerah blank spot di Kota Bima, khususnya di Tahun 2024," jelasnya selasa (5/12/2023). 

HM. Rum juga menambahkan bahwa manajemen informasi yang bermula dari RT, Kelurahan, Kecamatan hingga Kota akan mempermudah proses pendataan daerah dari stunting hingga data kemiskinan.

"Jadi kedepannya Kelurahan dapat mandiri dan berdaya, sehingga kita mampu membuka potensi ekonomi daerah," tuturnya.

Ia juga menambahkan bahwa selain pembangunan dunia, pembangunan akhirat juga harus terus berjalan sebab kehidupan di dunia hanya sementara.

Kepala Dinas Kominfotik Kota Bima, Drs. H. Mahfud, M.Pd melaporkan dengan bahwa aplikasi tersebut akan diberikan kepada 41 Kelurahan di Kota Bima. Dengan dilaunchingnya Aplikasi Simatik ini, kedepannya akan terus berproses untuk mengumpulkan data-data yang ada di kelurahan.

"Diharapkan disetiap kelurahan memiliki minimal dua admin untuk mengumpulkan data-data. Jika di Kelurahan datanya terkumpul dengan baik maka pendataan di Kota Bima juga akan terdata dengan tepat," jelasnya.

Dengan hadirnya Aplikasi Simatik ini diharapkan dapt mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya, serta meningkatkan keterpaduan dan efisiensi penyelenggaraan informasi Pemerintah Kota Bima.(RED

Related

PEMKOT BIMA 3525906144926947504

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Iklan

 


Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item