10 Tahun Berdiri Tanpa Renovasi, Kondisi MTs di Desa Mpili Memprihatinkan

Kondisi MTs di Desa Mpili, Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima. GOOGLE/www.kahaba.net
KABUPATEN BIMA  - Sejak dibangun sepuluh tahun yang lalu atau di tahun 2009 dengan menggunakan dana PNPM Mandiri. Kondisi bangunan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Desa Mpili, Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima sangat memprihatinkan dan tak pernah kunjung mendapat bantuan dari pemerintah. 

Kondisi bangunan sekolah yang berakreditasi C tersebut sudah banyak bagian yang rusak parah dan terlihat kumuh keadaannya. Hingga kini, sekolah tersebut belum pernah direnovasi, baik dari bantuan Kementrian Agama maupun dari bantuan Pemerintah Daerah yang ada di Bima.

Kepala MTs Desa Mpili Tasrif mengatakan, sekolah ini telah menghasilkan ratusan alumni ini. Namun, kondisinya tidak pernah diperhatikan. Diakuinya, keberadaan sekolah ini sangat membantu pendidikan masyarakat yang ada di Desa Mpili pada khususnya.

“Walaupun kondisi bangunan sekolah banyak yang rusak dan rapuh. MTs di Desa Mpili ini tetapi melahirkan generasi-generasi berprestasi. Sekarang alumnya ada yang jadi Polisi, TNI dan sejumlah profesi lainnya,” ujarnya dikutip dari sebuah media online di Bima. 

Kata dia, keberadaan sekolah ini selain dari membantu masyarakat miskin, juga mengatasi sejumlah sarjana yang belum memiliki pekerjaan. Para sarjana pendidikan yang ada di Kecamatan Donggo, bisa berbagi ilmu pengetahuannya dengan mengajar di madrasah ini.

Ia mengaku, kondisi fasilitas sekolah sudah banyak yang rusak. Seperti plafon banyak yang bolong, keramik sudah banyak yang pecah dan atap bangunan sekolah banyak yang bocor.

“Kayu di bagian atapnya sudah banyak yang lapuk. Kalau musim hujan dan pasti keadaan ruang belajar bocor dan tergenangi air hujan. Kondisi ini, tentu mengganggu proses belajar siswa,” ungkapnya.

Ia sangat berharap pemerintah dapat membantu memperbaiki fisik sekolah. Dengan fasilitas sekolah yang memadai, tentu dapat menarik minat siswa untuk sekolah di MTs ini. (RED)

Related

Pendidikan 3679249788618655907

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item