1.000 Bibit Ditanam Babinsa Desa Nggelu Bersama Warga di So Oi Ngonco, Kecamatan Lambu

Proses penanaman bibit di So Oi Ngonco, Desa Nggelu, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Minggu (23/12/2018). METROMINI/Dok
KOTA BIMA - Babinsa Desa Nggelu Serda Syahdan bersama warga melakukan kegiatan reboisasi atau penanama bibit di wilayah hutan tutupan So Oi Ngonco, Minggu,23 Desember 2018 sekitar pukul 13:00 WITA. 

Kata Babinsa, bibit yang ditanam di lokasi So Oi Ngonco ada 1.000 pohon yang terdiri dari berbagai macam jenis, Kata dia, So Oi Ngonco merupakan lahan atau kawasan tutuan negara yang kritis keadaannya. Kondisi lahan tutupan ini rusak karena habis dibabat oleh warga yang mengambil kayu. 

"Sengaja proses reboisasi ini dilakukan di So Oi Ngonco yang merupakan lahan tutupan negara. Dan memang kondisi sudah sangat kritis, Proses reboisasi ini kami lakukan bersama warga untuk penanaman 1.000 unit bibit pohon yang beraneka ragam," jelas Babinsa, Senin, 24 Desember 2018.

Berbagai jenis bibit yang ditanam di So Oi Ngonco, Desa Nggelu, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Minggu (23/12/2018). METROMINI/Dok
Ia menyebutkan, jenis tanaman yang telah ditanam bersama warga yaitu mahuni ada 400 bibit, wuwu 200 bibit, cakar langit 70 bibit, aksia 200 bibit, nangka 30 bibit dan pohon
 asam manis ada 100 bibit.

"Proses penanaman dilakukan secara gotong royong dan dibantu dengan partisipasi serta keswadayaan warga yang ada di Desa Nggelu. Sehingga proses penanaman bibit ini berjalan aman dan lancar," jelasnya.

Ia pun mengatakan, proses sosialisasi tentang pentingnya penyelamatan hutan harus dilakukan secara terus menerus sebagai bentuk pencegahan dini atas kerusakan kawasan atau wilayah lahan tutupan negara. Dalam kegiatan ini, sambung dia, merupakan kegiatan yang sengaja diinisiasi dalam bentuk kerjasama dengan KPH di Kecamatan Lambu yang ikut menyumbang 300 bibit pohon.

"Kami memang sengaja menginisiasi kegiatan reboisasi ini, dalam rangka memperbaiki kawasan tutupan negara yang telah rusak keadaannya. Dan kegiatan ini pun dilakukan bersama warga degnan KPH Kecamatan Lambu yang ikut menyumbang sebanyak 300 bibit pohon," tandas dia. (RED |ADV)

Related

Kabar Rakyat 8239955990217654630

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item