Banjir di Desa Taloko Rendam Belasan Rumah Warga dan Macetkan Arus Lalu Lintas

Kondisi banjir bandang yang terjadi di Desa Taloko, Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima, Senin, 24 Desember 2018. METROMINI/Agus Gunawan
KABUPATEN BIMA - Musibah kembali dialami warga di Desa Taloko, Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima, Senin, 24 Desember 2018. Pasalnya, menurut pengakuan wargat setempat, Nanang mengatakan, di tahun ini, sudah dua kali banjir bandang melanda Desa Taloko dan sekitarnya.

"Hari ini kembali Desa Taloko dihantam banjir bandang. Dan kejadian ini adalah yang kedua kalinya di tahun 2018," ujar Nanang, sore tadi. 

Kata dia, akibat bencana banjir ini ada beberapa rumah yang terendam dan kondisi jalan di Desa Taloko lumpuh total atau tak bisa dilewati lagi. Nanang mengaku, curah hujan yang datang sejak siang tadi membuat air yang ada di sungai so mangge tidak mempu menampung dan meluber keluar hingga masuk ke pemukiman warga. 

"Curah hujan yang bersar di Desa Taloko dan sekitarnya membuat air yang ada di sungai so mangge meluap ke pemukiman dan merendam beberapa rumah warga di Desa Taloko dan sekitarnya," ucap dia, 

Diakuinya, air masuk ke rumah warga sejak jam empat sore tadi. Ketinggian air di rumah warga ada yang mencapai satu meter. Beberapa material milik warga pun hanyut di bawa arus yang masuk ke pemukiman.

"Banjir mulai jam 16:00 WITA. Banjir karena air meluap dari sungai so mangge sankoto. Khusus di Dusun So Lancom Desa Taloko yang berakibat parah akibat banjir ini. Ada belasan rumah yang terendam di sana," jelas dia. 

"Dampak banjir ini juga merugikan warga yang kehilangan pupuknya akibat dibawa arus," tambahnya. 

Diakuinya, arus lalu lintas menuju Desa Kore dan ke Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu lupuh total. Terlihat, para warga atau pengguna jalan mencari pemukiman warga yang lain untuk beristirahat sambil menunggu kondisi jalan bisa dilewati dan digunakan kembali.

"Para pelintas atau pengguna jalan banyak yang tidak bisa melanjutkan perjalanannya, terutama bagi yang ingin ke Desa Kore atau ke Kecamatan Kilo, Dompu," tandas dia. (RED)

Related

Kabar Rakyat 488388928834256609

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item