FUI Bima Akan Gelar Aksi Long March Peduli Muslim Uighur

Kondisi warga etnis Muslim Uighur di Xinjiang, Cina. GOOGLE/www.globalnews.co.id
KOTA BIMA – Dalam rangka menekan pihak Pemerintah Cina  yang diduga melakukan penindasan terhadap kaum muslim etnis Uighur, beberapa elemen kontrol sosial melakukan aksi protes atas kondisi tersebut. Tak ayal, banyak organisasi Islam di Indonesia yang mendesak Pemerintah Indonesia dalam isu yang hangat dibicarakan warga dunia saat ini. 

Di Kota Bima, kegiatan atau Aksi Solidaritas Peduli Muslim Uighur pun akan digelar. Forum Umat Islam (FUI) Bima melalui salah seorang anggotanya, Burhanuddin mengatakan, dalam menentukan sikap atas pembantaian yang dialami Muslim Uighur, FUI akan menggelar gerakan long march Peduli Muslim Uighur, hari Jum'at, 21 Desember 2018 sekitar pukul 13:15 WITA atau usai sholat jum;at.

"Untuk Aksi Peduli Muslim Uighur akan digelar besok dalam gerakan jalan kaki atau long march. Dan titik kumpulnya langsung di halaman Masjid Agung Al Muwahiddin Kota Bima usai sholat jum'at," ungkap Ketua Brigadir Masjid Kota Bima itu. 

Burhanuddin menambahkan, dalam kegiatan tersebut, diharapkan seluruh peserta menggunakan pakaian seragam putih dan membawa bendera tauhid. Kata dia, dalam gerakan ini diharapkan partisipasi seluruh warga muslim di Bima agar turut serta dan menyatakan sikap bersama atas tindakan Pemerintah Cina yang membantai dan mendzolimi saudara muslim di Uighur. 

"Kami harapkan dalam kegiatan besok, para peserta menggunakan seragam serba putih dan warga kota bisa berpartisipasi langsung dalam aksi ini. Sebagai mayoritas muslim di Bima, tentu sikap kita harus tegas atas pembataian muslim Uighur dan mengecam Pemerintah Cina atas kejahatan kemanusiaan yang dilakukannya," tegas Burhan. 

Selain itu, ia mengatakan, dalam kegiatan ini FUI Bima juga bergerak bersama ACT MRI Bima dan membuka posko konsumsi untuk panitia dan peserta aksi. Sementara, bagi para pihak yang ingin berkontribusi, pihaknya siap menjemput sumbangan baik dalam bentuk snack, nasi dan juga air minum.

"Untuk sumbangan dalam kegiatan ini, bisa disalurkan atau ditransfer via rekening Bank Syariah Mandiri KCP BIMA dengan nomor rekening 7040064747 atas nama Hairul Juhdy. Dan kontak person dalam aksi ini langsung dengan ponsel Khairul Jurdi di nomor 085333773735," tandas dia.

"Dan surat untuk kegiatan besok, sudah kami sampaikan ke pihak Polres Bima Kota," tambah dia.  (RED)

Related

Politik dan Hukum 3135643596541520874

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item