Tersangka Kole Kabur dari Polsek Bolo, 15 Jam Kemudian Diringkus di Kempo-Dompu

Tahanan di Polsek Bolo yang sempat kabur, kembali diringkus petugas, Senin (3/11/2018) dini hari di Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu. METROMINI/Dok
KABUPATEN BIMA - Kapolsek Bolo AKP Muhtar HI, S.Sos menceritakan, salah seorang tahanan di Polsek Bolo bernama Julkarnaen alias Kole berhasil melarikan diri, Minggu, 2 Desmber 2018 sekitar pukul 12:00 WITA. Namun, setelah pemeriksaan dan penanganan yang dilakukan jajarannya, Kapolsek mengaku, tahanan yang melarikan diri ini berhasil diringkus kembali di Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu, Senin (3/12/2018) dini hari atau sekitar pukul 03:30 WITA.

Kapolsek mengungkanpkan, awal pelarikan tehanan ini bermula saat satuan anggota piket Polsek Bolo mengeluarkan tahanan atas nama Julkarnaen alias Kole untuk membersihkan sekitar ruangan Kantor Polsek. Kole dikeluarkan sekitar pukul 12:00 WITA, Minggu (2/12/2018) kemarin.

"Dengan adanya kelengahan petugas, ternyata Kole langsung memanfaatkan kesempatan itu untuk kabur. Dan ia berhasil melarikan diri dari areal wilayah Polsek," ujar Kapolsek, Senin (3/12/2018).

Kapolsek mengatakan, mengetahui hal tersebut, ia langsung mengumpulkan seluruh anggota Polsek Bolo guna melakukan pulbaket terkait keberadaan tersangka yang kabur. Tersangka ini, sebelumnya adalah pelaku pencurian leptop di SMAN 1 Bolo pada awal bulan Nopember 2018 lalu. 

"Setelah anggota dikumpulkan, saya langsung memberikan APP/AAP dan membagi anggota dalam bentuk kelompok serta langsung menembatkan anggota untuk dibagi pada titik-titik mana yang akan menjadi target penyelidikan keberadaan tersangka bernama Julkarnaen alias Kole ini," jelasnya. 

Ia mengaku, pada sejumlah titik tempat persembunyian pelaku menjadi target operasi pencarian seperti di Desa Leu, Desa Timu, Darusallam, Desa Rada dan Desa Nggembe, Kecamatan Bolo. Namunm, setelah ditelusuri hasilnya nihil.

"Sekitar pukul 18.00 WITA, petugas mendapatkan informasi bahwa tersangka memiliki pacar sebanyak di Desa timu dan di Desa Rada. Sehingga petugas mengerucutkan info tersebut dengan mendatangi kediaman pacarnya tersangka di Dusun Bontoranu, Desa Rada yang berinisial N," ungkap Kapolsek.

Ia melanjutkan, dengan kerja keras aparat, ternyata sepupu pacar tersangka yang berinisial IA sempat mengantar tersangka ke Desa Bolo, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima. "Akhirnya, kami mengamankan IA ke kantor untuk dimintai keterangan terkait pelarian tersangka ini," tandasnya,

Sambung Kapolsek, dari pengakuan IA, tersangka saat turun dari sepeda motornya, langsung naik sepeda motor orang yang tidak kenalnya. Tersangka mengarah ke Kabupaten Dompu, dibonceng seseorang dengan ciri sepeda motor Suzuki Satria Fu warna hitam.

"Sekitar pukul 22:30 WITA, melalui keterangan dari sejumlah saksi. Petugas yang terus berupaya mencari keberadaan pelaku kembali mendapat petunjuk bahwa teman tersangka yang menurut pengakuan IA membonceng tersangka di Desa Bolo adalah seorang warga asal Desa Leu, Kecamatan Bolo," tuturnya. 

Ia mengatakan. dari keterangan saksi-saksi, berhasil dikumpulkan informasi dan petunjuk bahwa yang mengantar tersangka adalah warga berinisial In, "Selanjutnya, kami mencari In dan memintai keterangan terkait keberadaan tersangka," tandasnya. 

Ia melanjutkan, sekitar jam sebelas malam, atas pengakuan In di Mapolsek Bolo, diketahui tersangka Kole ada di Desa Soro, Kecamatan kempo, Kabupaten Dompu.

"Setelah mengetahui keberadaan pelaku. Sekitar pukul 03:30 WITA, sedikitnya sepuluh anggota petugas yang saya pimpin langsung, menindaklanjuti informasi keberadaan tersangka dan juga membawa serta saksi In ke Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu," paparnya.

Kapolsek mengatakan, setelah koordinasi dengan pihak Polsek Kempo, tersangka yang sedang asik tidur di lantai dua rumah keluarganya, di Desa Soro, langsung ditangkap dan langsung dibawa ke Mapolres Bima, dini hari tadi. 

"Pasca penangkapan tersangka, situasi di Desa Soro sempat ramai, Namun kondisi dapat diamankan setelah pihak petugas memberitahukan pada warga terkait tersangka Julkarnaen alias Kole merupakan tahanan yang kabur dari Polsek Bolo," ungkapnya. (RED)



Related

Politik dan Hukum 3374570050153337047

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item