Program KOTAKU di Kelurahan Dodu Menuju Progres 90%

Kegiatan pelaksanaan program Kotaku di Kelurahan Dodu, Kecamatan Rasanae Timur, Kota Bima Tahun 2018. METROMINI/Dok
KOTA BIMA - Pelaksanaan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) bagian dari upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di Indonesia. Untuk di Kelurahan Dodu, Kecamatan Rasanae Timur, Kota Bima sudah mencapai 60% dari total anggaran sekitar Rp1 miliar. 

Ketua Badan Keswadayaan Masyarakat (LKM) Kelurahan Dodu, Burhan H. Sarujin menjelaskan, Program Kotaku merupakan bagian dari program pemerintah dalam hal menangani kumuh dengan membangun platform yang berkolaborasi melalui peningkatan peran pemerintah daerah dan partisipasi masyarakat.

"Sebelumnya kami sudah melakukan pendataan kondisi awal di Kelurahan Dodu. Dari data tersebut kegiatan yang dilaksanakan adalah melakukat rabat gang dan perbaikan drainase yang sudah dilaksanakan hingga mencapai progres pekerjaan 60%," ujarnya, Minggu, 23 Desember 2018.

Ia menjelaskan, dalam pelaksanaan pekerjaan tersebut, ada empat KSM yang melaksanakannya. Ia menyebutkan, keempat KSM tersebut yaitu, KSM. Wadu Nggaja dengan pagu anggaranan Rp332.713.000, KSM. Rade Maju mendapat anggaran Rp261.895.000, KSM. Ncai Ncoki Rp245.914.000, KSM. Oi Lupe yang melaksanakan kegiatan dengan anggaran Rp149.478.000.
serta anggaran untuk BOP BKM. Maronci sebesar Rp10 juta. 

"Dan baru pekan ini, kami mencapatkan lagi anggaran sebesar 30% yang sedang dikerjakan pembangunannya sekarang. Dan total anggarannya yang sudah kami terima sebesar 90% untuk kegiatan pelaksanaan program cor rabat gang dan drainase di Kelurahan Dodu," ujar dia. 

Kegiatan pelaksanaan program Kotaku di Kelurahan Dodu, Kecamatan Rasanae Timur, Kota Bima Tahun 2018. METROMINI/Dok
Diakuinya, dalam pelaksanaan program Kotaku di Kelurahan Dodu berjalan lancar dan mendapat dukungan dari warga masyarakat. Menurutnya, sisa anggaran yang 10% akan dicairkan setelah pelaksanaan kegiatan ini rampung dan dinilai kembali oleh pengawas dan beberapa pihak terkait.

"Dan sejauh ini, program Kotaku berjalan aman serta mendapat dukungan dari masyarakat di Kelurahan Dodu. Dan kami pun menyampaikan ucapan terima kasih khususnya kepada Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang sudah menempatkan Kelurahan Dodu sebagai salah satu penerima program ini," jelas dia.

"Selain itu, kepada Tim Kotaku yang di Kota Bima pun kami sampaikan terima kasih atas pendampingan dan arahannya hingga kegiatan ini berjalan lancar," tambah dia. (RED | ADV)

Related

Kabar Rakyat 8684337164776787793

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item