Rumah Kayu 12 Tiang, Dilahab Si Jago Merah di Desa Tonggorisa-Palibelo

Kebakaran yang terjadi di RT. 01/01, Dusun Tonggorisa, Desa Tonggorisa, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima, Senin (31/12/2018). METROMINI/Dok
KABUPATEN BIMA - Kepala Desa (Kades) Ttonggorisa, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima, Ahyar mengungkapkan, sebuah rumah milik warganya yang bernama Arsyad (50) di RT. 01/01, Dusun Tonggorisa dilahap si jago merah, Senin, 31 Desember 2018 sekitar pukul 20:15 WITA.

Kata Kades, di dalam rumah yang terbakar itu, ada 4 orang yang selama ini berhuni di rumah panggung panggung 12 tiang yang terbakar malam ini. Diakuinya, tak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun kerudian ditaksir sampai dengan Rp75 juta.

"Tak ada korban jiwa dengan terbakarnya rumah panggung 12 tiang milik Pak Arsyad yang dihuni bersama 3 orang keluarganya malam ini di Dusun Tonggorisa. Namun, kerugian rumah yang hangus terbakar itu diperkirakan hingga Rp75 juta," ucap Kades, Senin (31/12/2018) malam.

Kata dia, untuk penyebab kebakaran ini masih belum jelas pasti, tapi rumornya akibat kompor gas subsidi dengan tabung gas 3 kg yang awal mula diduga meledak dan suaranya terdengar oleh warga yang lain. Ledakan itu didengar sekitar jam 20:15 WITA dan diikuti dengan membesarnya api yang melah rumah kayu kayu 12 tiang tersebut.

"Diduga ledakan kompor dan tabung gas 3 kg di dalam rumah yang menyebabkan hancurnya rumah panggung ini yang terlahap api sekitar jam delapan malam lewat tadi. Dan sebab ini masih rumor saja, sebab ada yang mendengar suara ledakan sebelumnya," kata Kades. 

Selain itu, sambung kades, sebab kebakaran ini ada juga yang menduga karena arus pendek listrik. Dan untungnya, tak lama api membakar sebagian besar bagian rumah milik Pak Arsyad ini, mobil pemadam kebakaran milik BPBD Kabupaten Bima segera datang dan langsung memadamkan api di rumah tersebut. 

"Kurang lebih sejam api menjalar dan menghabiskan bangunan rumah kayu itu. Dan saat ini, tak ada yang tersisa dari rumah tersebut, kecuali sisa puing bangunan dan arang yang menumpuk bekas rumas yang terbakar itu, Api berhasil dipadamkan saat pemadam tiba di lokasi sekitar pukul 21:30 WITA," jelas Kades.

"Ditaksir kerugian yang dialami Pak Arsyad dan keluarganya sekitar Rp60 - 75 juta," tambah Kades kepada Metromini. (RED)

Related

Kabar Rakyat 7254311143676555964

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item